Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jane Callista Juara Kompetisi Menyanyi Online di Eropa dan Amerika

Kompas.com - 09/09/2020, 21:19 WIB
Tri Susanto Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi muda berbakat Tanah Air, Jane Callista, kembali mengukir prestasi di kancah internasional.

Gadis kelahiran 2008 itu baru saja memenangi kompetisi bernyanyi di dua benua berbeda, yakni Eropa dan Amerika.

Baca juga: Deretan Aksi Terbaik Kompetisi Karaoke Nasional Lagu Tanah Airku, dari Rock sampai Akapela

Kedua kompetisi itu adalah Chicago International Music Competition 2020 (Amerik Serikat) dan The Song International - World Vocal Competition 2020 (Spanyol).

Kedua kompetisi menyanyi itu akhirnya digelar secara online karena pandemi virus corona.

Meski melalui online, kualitas vokal Jane Callista tak berkurang. Malah, presenter Dubi Dubi Dam di RTV ini mendapat pujian dari sejumlah juri.

Di ajang The Song International - World Vocal Competition 2020, Jane Callista mendapat nilai tertinggi dari sejumlah juri yang berasal dari Eropa.

Baca juga: Deretan Aksi Terbaik Kompetisi Karaoke Nasional Bawakan Lagu Tanah Airku dari Versi Rock hingga Akapela

Mereka adalah Valérie Beney (Swiss), Marina Caro (Rusia), Olga Gribkova (Rusia), dan Montserrat Marti (Spanyol).

Para juri tersebut bukanlah orang sembarangan. Mereka merupakan praktisi dan akademisi profesional di bidang musik.

Dibimbing langsung oleh Andrea Miranda, Jane Callista membuat video menyanyinya secara live di ruangan auditorium Purwa Caraka Music Studio (PCMS).

Sesuai peraturan kompetisi, proses perekaman tidak diperbolehkan mengalami editing (penyuntingan) gambar maupun suara.

Baca juga: #MempersatukanPerbedaan Lewat Kompetisi Karaoke Nasional

Kompetisi di Chicago diikuti oleh lebih dari 400 orang peserta dari 22 negara. Jane Callista berhasil mendapat penghargaan sekaligus diumumkan meraih 1st Winner di Vocal Division tahun 2020 ini.

Mengikuti kompetisi bernyanyi secara online adalah yang pertama bagi Jane Callista. Ia pun mengaku tantangannya lebih berat karena tak bisa berhadapan langsung dengan para juri, juga tak bisa melihat bagaimana respons mereka.

"Kelihatannya lebih mudah karena tidak berhadapan langsung dengan juri dan hanya mengirimkan video kepada penyelenggara. Tapi justru ini faktor kesulitan yang sangat tinggi," kata Jane melalui keterangan tertulis, Rabu (9/9/20200.

Baca juga: Akui Tren Stand Up Comedy Lesu, Babe Cabiita: Kompetisi Kurang

Karena harus sempurna di setiap momen dan harus menampilkan super maksimal agar teknik dan rasa dari lagunya bisa sampai ke juri," sambung Jane yang membawakan lagu musikal dan folk-song di ajang tersebut.

Atas kemenangan di ajang The Song International - World Vocal Competition 2020, Jane Callista akan diundang ke Sea Sun Festival Spain pada Mei 2021.

"Sedangkan kompetisi di Chicago hadiahnya dalam bentuk US dollar, lumayan untuk nambah tabungan," ungkap Jane Challista.

Sementara itu, Jane mensyukuri di masa pandemi ini ia berhasil mengukir prestasi internasional tidak hanya dalam kompetisi menyanyi, tetapi juga kompetisi mencipta lagu.

Lagu "Nobody's Perfect" yang ia tulis sendiri lirik dan melodinya telah berhasil mendapat penghargaan sebagai Top 10 Highly Commended Finalist di ajang Young Songwriter International Competition 2020, di United Kingdom.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com