Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Jadi Presenter, Helmy Yahya Dosen Favorit Mahasiswa

Kompas.com - 20/08/2020, 17:08 WIB
Melvina Tionardus,
Dian Maharani

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebelum muncul di televisi sebagai MC kondang, Helmy Yahya punya karier panjang sebagai dosen akuntansi.

"Saya tuh kan dosen sebenarnya. Dari tahun 1984, saya jadi asisten dosen. Saya jadi widyaswara (pejabat yang bertugas melatih ASN) dosen lagi dan saya ngajar di beberapa perguruan tinggi," kata Helmy Yahya, dikutip dari kanal YouTube Daniel Mananta Network, Kamis (20/8/2020).

Kata Helmy Yahya, ia mempunyai cara mengajar yang santai dan dan tidak formal.

Baca juga: Agar Jauh dari Sombong, Helmy Yahya Selalu Ingat Pesan Tantowi Yahya

"Kalau anak STAN, murid-murid saya itu selalu punya kesan yang berbeda tentang cara ngajar saya. Saya ngajar tuh enggak pernah duduk di belakang meja gitu. Saya ngajar itu jalan dan suka banget duduk di meja, santai, storytelling," tutur Helmy Yahya.

Pria kelahiran Kabupaten Ogan Ilir ini mengaku mampu membuat pelajaran yang berat seperti akuntansi biaya maupun akuntansi lanjut menengah menjadi sesuatu yang mudah dipahami.

Maka itu, banyak mahasiswa yang rebutan ingin mendapat tempat di kelasnya.

"Dulu murid saya rebutan lho. Waktu saya ngajar di Perbanas, kalau di plot pelajaran misalnya Akuntansi Keuangan Lanjutan Helmi Yahya, itu murid saya penuh banget," ucap Helmy Yahya.

"Saya pernah ngajar di YAI teori akuntansi itu murid saya sampai duduk-duduk di lantai yang 200 orang tuh. Sementara ada dosen lain, ini padahal dosen gue, tau enggak, yang masuk ke sana 10 orang 20 orang," imbuhnya.

Helmy menyadari ternyata dari dulu ia sudah terbiasa menyampaikan sesuatu yang berat itu menjadi sederhana.

Ilmu itulah yang menurutnya menjadi modal ketika ia meniti karier sebagai presenter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com