Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pandangan Unik Igor Saykoji terhadap Media Sosial

Kompas.com - 18/08/2020, 19:53 WIB
Ady Prawira Riandi,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Di zaman seperti sekarang ini, sebagian besar seniman pasti memiliki media sosial untuk mempromosikan karyanya.

Hal serupa juga dilakukan oleh rapper Igor Saykoji.

Baca juga: Igor Saykoji Puji Kemampuan Young Lex, tapi...

Pelantun lagu "So What Gitu Loh" juga terbilang aktif menggunakan media sosialnya dan kerap menemukan fenomena netizen berkomentar sesuka hatinya.

Igor Saykoji akhirnya menemukan kesimpulan bahwa media sosial adalah sebuah monumen yang biasa dihiasi oleh vandalisme coret-coretan gravity orang tak bertanggung jawab.

"Social media adalah tempat untuk orang datang dan melihat apa yang lu bikin, tapi di saat yang sama membuka celah untuk mereka masuk ke comment," kata Saykoji seperti dikutip Kompas.com dari video Uus Kamukita, Selasa (18/8/2020).

Baca juga: Awal Mula Igor Saykoji Jatuh Cinta pada Musik Hip Hop

Igor Saykoji mengalanogikan media sosial seorang seniman seperti sebuah monumen indah yang dibangun sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah karya.

Namun di satu sisi, netizen merupakan orang-orang yang kerap membuat vandalisme dan mengotori monumen-monumen tersebut dengan komentar dari jari-jari nakal mereka.

"Kadang komentar orang di feed itu kayak tulisan coretan-coretan gravity di monumen. Kita sudah bangun monumen platform kita, tapi ada orang yang cuma pengin comment aja dan di-notice," sambung Saykoji.

Baca juga: Igor Saykoji Ceritakan Pergeseran Budaya Hiphop

Uus pun setuju dengan pemikiran dari Igor Saykoji tentang cara media sosial dan netizen bekerja.

Hal yang membedakan dari vandalisme asli dan komentar netizen hanya berada pada orang-orang yang melakukannya.

"Dulu di monumen-monumen itu yang nulis-nulis gitu bocah-bocah sekolah dari STM, SMK, SMA, atau SMP. Tapi (sekarang) lu bakal lihat vandalisme yang dilakukan oleh ibu-ibu dengan profil picture anaknya atau bapak-bapak yang isi Instagram-nya dengan foto selfie," timpal Uus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com