Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dobrak Tradisi Kerajaan, Meghan Markle Bakal Berikan Suara di Pilpres AS

Kompas.com - 12/08/2020, 16:19 WIB
Firda Janati,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

Sumber People

KOMPAS.com – Istri Pangeran Harry, Meghan Markle, akan ikut memberikan suara dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) Amerika Serikat pada November 2020 mendatang.

Keputusan Meghan Markle untuk ikut memberikan suara menjadi sejarah baru dalam Kerajaan Inggris.

Baca juga: Meghan Markle Disebut Berniat Calonkan Diri Jadi Presiden AS

Secara tradisional, meskipun memiliki hak suara, anggota keluarga kerajaan harus tetap netral secara politik dengan tidak menggunakan hak suara tersebut.

Meskipun melanggar aturan kerajaan, Meghan Markle membeberkan alasannya mengapa ia memutuskan ikut pemilihan presiden Amerika Serikat.

Baca juga: Pangeran Harry dan Meghan Markle Keluarkan Rp 124 Juta Per Hari untuk Pengamanan

"Aku tahu rasanya punya suara dan juga rasanya tidak punya suara. Saya juga tahu bahwa begitu banyak pria dan wanita telah mempertaruhkan nyawa mereka agar suaranya dapat kita didengar,” kata Meghan Markle, dilansir dari People, Rabu (12/8/2020).

“Dan peluang itu, hak fundamental itu, adalah kemampuan kami untuk menggunakan hak memilih dan membuat semua suara kami didengar," kata Meghan menambahkan.

Meghan dan Pangeran Harry teringat kutipan favorit mereka dari seorang pemimpin gerakan hak memilih di Selandira Baru, Kate Sheppard.

Baca juga: Profil Meghan Markle, Aktris Cantik Istri Pangeran Harry

“Jangan pikir satu suara Anda tidak terlalu penting, hujan yang menyegarkan tanah yang kering hanya terdiri dari satu tetes. Itulah sebabnya saya memilih,” kata istri dari Panggeran Harry ini.

Meskipun Meghan tidak mengatakan siapa yang akan dia pilih, ia sudah terkenal karena sering memberikan dukungan kepada Partai Demokrat dengan mendukung Hilary Clinton dan menentang Donald Trump saat pemilihan Presiden Amerika tahun 2016.

Meghan juga berbicara tentang hak pilih perempuan selama kunjungannya ke Selandia Baru pada 2018.

Baca juga: Pesan Menggugah Meghan Markle dan Pangeran Harry Terkait Corona

Pangeran Harry bersama dengan Meghan Markle dan anaknya, Archie Harisson, pada awal tahun ini mereka memilih tinggal di California, Amerika Serikat dan memutuskan untuk mundur dari tugas kerajaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber People
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com