Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Investigasi Kematian Sushant Singh Rajput

Kompas.com - 11/08/2020, 16:25 WIB
Firda Janati,
Dian Maharani

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Investigasi terus dilakukan polisi guna menyelidiki kematian aktor Bollywood Sushant Singh Rajput yang meninggal diduga bunuh diri pada Minggu (14/6/2020).

Kasus kematian Sushant telah dialihkan dari polisi Mumbai ke Biro Investistigasi Pusat dari pekan lalu menyusul dengan tuntutan oleh keluarga Sushant.

“CBI (Central Bureau of Investigation) hari ini telah mendaftarkan kasus yang berkaitan dengan kematian Sushant Singh Rajput atas permintaan Pemerintah Bihar dan pemberitahuan lebih lanjut dari Pemerintah India,” bunyi pernyataan CBI, dilansir dari The Indian Express, Selasa (11/8/2020).

Baca juga: Polisi Periksa Rhea Chakraborty Atas Kasus Kematian Sushant Singh Rajput

“CBI akan mengambil alih penyelidikan kasus tersebut, yang sebelumnya didaftarkan di kantor polisi Rajiv Nagar, Patna vide FIR dengan no.241/2020 tanggal 25 Juli 2020. Kasus tersebut didaftarkan terhadap 6 terdakwa dan lainnya,” bunyi pernyataan CBI.

Biro Investigasi Pusat telah memanggil beberapa orang untuk dimintai keterangan atas kematian Sushant Singh Rajput, salah satunya adalah aktris Rhea Chakraborty.

Ayah Sushant Singh Rajput, Krishna Kumar Singh melaporkan Rhea Chakraborty ke kantor Kepolisian Patna pada 25 Juli silam.

Dalam laporannya, Krishna menuding Rhea, tiga anggota keluarga Rhea, serta dua orang lainnya telah memanfaatkan keuangan serta membuat mental Sushant Singh Rajput terpuruk.

Baca juga: Adik Sushant Singh Rajput: Kita Akan Menang, Kita Akan Dapat Keadilan!

“Putra saya berada di puncak karir aktingnya hingga Mei 2019. Selama periode itu, Rhea dan kerabatnya berkenalan dengan putra saya, di bawah konspirasi yang disengaja. Sehingga Rhea dapat memantapkan dirinya di industri film dan mengawasi kekayaan Sushant," tutur Krishna dalam laporannya.

“Sushant kemudian disuruh menyewa rumah yang berhantu dan itu berdampak pada anak saya,” katanya menambahkan.

Berdasarkan aturan hukum India FIR, kepolisian Patna menjatuhkan pasal bagian 306 (mendukung bunuh diri), 341 (pengekangan yang salah), 342 (kurungan yang salah), 380 (pencurian di rumah tinggal), 406 (pelanggaran kriminal atas kepercayaan) 506 (intimidasi kriminal), 120B (konspirasi kriminal), dan 420 (kecurangan).

Direktorat Penegakan Hukum juga telah memanggil Rhea Chakraborty terkait kasus pencucian uang berdasarkan aturan FIR pada Senin (10/8/2020).

Keluarga Sushant menuduh Rhea Chakraborty menggunakan kartu kredit sang aktor selama tur Eropa.

Diketahui, Sushant Singh Rajput disebur tewas bunuh diri di apartemennya di Mumbai, India, pada 14 Juni 2020.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com