Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komposer Legendaris Ennio Morricone Meninggal Dunia pada usia 91 Tahun

Kompas.com - 07/07/2020, 07:34 WIB
Andika Aditia

Penulis

Sumber NME

KOMPAS.com - Komposer Italia, Ennio Morricone yang terkenal karena mencetak music scoring The Good, the Bad and the Ugly, meninggal dunia di Roma, Italia pekan lalu setelah komplikasi akibat terjatuh, menurut laporan The Hollywood Reporter.

Selama berkarya, Morricone telah mencetak music scoring lebih dari 500 film, secara luas dianggap sebagai salah satu komposer terhebat bioskop dan memenangkan piala Oscar yang telah lama tertunda karena karyanya pada Quentin Tarantino lewat The Hateful Eight pada tahun 2015.

Morricone juga menerima nominasi untuk Days of Heaven dari Terrence Malick (1978), Roland Joffe's Mission (1986), The Untouchables karya Brian De Palma (1987), Barry Levinson's Bugsy (1991) dan Gienaeppe Tornatore's Malena (2000). 

Baca juga: Music Scoring, Elemen Penting Film yang Sering Terabaikan

Dikenal sebagai "The Maestro", Morricone diserahkan piala kehormatan Oscar oleh Clint Eastwood pada 2007, dengan Academy Awards memuji "kontribusinya yang luar biasa dan beragam untuk seni musik film".

Pengaruhnya juga meluas jauh melampaui bioskop, dengan Muse yang sebelumnya memanggil Morricone sebagai salah satu pengaruh terbesar mereka.

Sejak 2008, semua pertunjukan lagu band pelantun "Knights of Cydonia" tersebut telah dimulai dengan bassis Chris Wolstenholme memainkan solo harmonika "Man With a Harmonica" dari film Once Upon a Time in the West. 

Baca juga: Oscar 2021 Resmi Diundur, Digelar Kembali pada 25 April

Demikian pula, Metallica telah menggunakan "Ecstasy of Gold" sebagai musik pengantar mereka sejak tahun 1984 dan merekam sampul logam instrumental untuk album tribute pada 2007 untuk Morricone.

Sutradara Edgar Wright menuliskan pesan mendalam tentang kepergian Morricone.

“Di mana harus memulai dengan komponis ikonik Ennio Morricone? Dia bisa membuat film biasa menjadi film yang wajib dilihat, film yang bagus menjadi seni, dan film yang hebat menjadi legenda. Dia belum mematikan stereo saya seumur hidup. Apa warisan yang ditinggalkannya. Beristirahat dalam Damai," tulis Edgar. 

Baca juga: Metallica Garap Album Baru via Zoom

Bernard Sumner dari New Order juga memberikan penghormatan kepada Morricone, memanggilnya dengan sebutan “salah satu pahlawan musik saya”, mengatakan “Musiknya memperkenalkan saya pada album dan album pertama yang saya beli adalah salah satu miliknya. Dia membuat musik emosional yang indah dan adalah master melodi,”.

Sementara itu, Geoff Barrow dari Portishead, menyebutnya sebagai "komposer film terbaik yang pernah ada".

Dia juga dipuji sebagai "ikon" oleh sesama komposer Hans Zimmer yang terkenal lewat film Batman The Dark Knights. Selamat Ennio Morricone...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber NME
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com