Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keasyikan Kerja, Soimah Putus Kuliah di Semester 6

Kompas.com - 06/07/2020, 17:06 WIB
Firda Janati,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Karena banyak panggilan manggung off air saat kuliah, penyanyi dangdut Soimah Pancawati jadi tidak sempat meneruskan pendidikannya.

Soimah menuturkan, dia hanya bisa kuliah sampai semester enam saat masih mengenyam pendidikan di Institut Seni Indonesia.

Baca juga: Soimah Sembunyikan Gaun Bersejarah Saat Masih Dibayar Rp 75.000

“Pertama kali masuk televisi itu di TVRI, itu aku masih sekolah belum punya suami di TVRI, Sekolah Menengah Karawitan Indonesia, sekarang SMK 1 Negeri Kasian Bantul,” ujar Soimah dalam kanal YouTube Dodit Mulyanto dikutip Kompas.com, Senin (6/7/2020).

Kepada Dodit, Soimah menceritakan dia tak bisa meneruskan pendidikannya karena bentrok dengan pekerjaan saat memasuki semester enam.

Baca juga: Baju Show Sekali Pakai, Soimah: Kan Tampil di Televisi Setiap Hari, Guys

“Terus lanjut di ISI (Institute Seni Indonesia), semester 6 cabut karena kebanyakan off air, jadi sudah mengerti duit, terus kuliahnya mikirnya sudah malas, jadi mikir kerjaan, kerjaan, kerjaan akhirnya ya sudah asyik nyari ke duitnya,” ujar Soimah.

Soimah mengakui teralu asyik hingga tidak bisa meneruskan pendidikannya itu.

“Keaysikan, terbengkalai akhirnya enggak dilanjutin kuliahnya, terus berkarier, terus akhirnya menikah,” tuturnya.

Baca juga: Soimah Tantang Dodit Mulyanto Tanam Aglonema

Saat itu, kata Soimah, selain tampil di TVRI, dia juga pernah menjadi pembawa acara di salah satu stasiun televisi di Yogyakarta.

“TVRI, terus habis itu sempat ke Yogya TV, jadi pembawa acara di Yogya TV kurang lebih 3 tahun programnya Klinong-Klinong campursari,” tuturnya.

Soimah pun menceritakan program-program yang saat itu dipandunya ketika awal meniti karier.

Baca juga: 4 Celetukan Dodit Mulyanto Bertemu Soimah, Bahas Helm hingga Konten Settingan

“Kalau dulu di TVRI itu programnya Obrolan Angkring terus Plengkung Gading, seringlah kalau di TVRI ada beberapa program,” ujar Soimah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com