Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nasihat Ibu yang Selalu Dipegang Teguh Jordi Onsu

Kompas.com - 25/06/2020, 09:41 WIB
Tri Susanto Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembawa acara Jordi Onsu mengaku selalu ingat nasihat ibunya. Berbagi kebahagiaan kepada orang lain bisa melapangkan jalan rezeki.

Menurut dia, kesuksesannya sebagai seorang artis dan pengusaha tidak lepas dari dukungan orang sekitar.

Baca juga: Cerita Jordi Onsu Bangun Bisnis Kuliner yang Berawal dari Hobi

“Ibuku bilang, rezeki itu kayak kumis, dicukur bakal tumbuh lagi dan bisa jadi makin lebat,” kata Jordi, Kamis (25/6/2020).

Jordi bersama kakaknya, Ruben Onsu, lahir dari keluarga yang senang berbagi dengan sesama.

Mereka membantu tidak hanya kepada karyawan dan orang sekitarnya saja, tetapi juga kepada masyarakat yang membutuhkan.

Baca juga: Jordi Onsu Petik Pelajaran dari Sengketa Geprek Bensu

“Tugas manusia mencari amal, malaikat yang mencatat. Kebahagiaan orang kebahagiaan kita. Jangan sampai keringat jatuh di rumah dibalas air mata. Hidup lu pasti ancur-ancuran. Begitu nasihat ibu yang selalu saya ingat,” ungkap Jordi.

Keluarga Ruben Onsu saat berkunjung ke Tempat Belajar Bunda Sarwendah.Dokumentasi pribadi Keluarga Ruben Onsu saat berkunjung ke Tempat Belajar Bunda Sarwendah.

Jordi berujar, omzet Geprek Bensu turun hingga 70 persen sejak adanya pandemi corona. Jordi terpaksa menombok untuk membayar gaji karyawan.

Karena perekonomian lesu, manajemen Gebrek Bensu terpaksa harus merumahkan karyawannya setelah membayarkan THR secara rata sesuai masa kerja.

Baca juga: Yuki Kato Kenang Perjalanan ke Singapura, Jordi Onsu dan Rangga Langsung Tertawa

Meski kondisi keuangan sulit akibat wabah Covid-19, tetapi tidak menurunkan niat Jordi untuk bersedekah.

Ia menyumbang 1.000 paket per hari menu Geprek Bensu selama satu bulan penuh untuk tenaga medis di sejumlah rumah sakit di Jakarta.

Sementara setiap hari Jumat menjadi momentum yang ditunggu-tunggu Jordi. Sejak tiga bulan ini, ia bersama karyawan membagikan makanan di sejumlah titik di ibukota, bahkan sampai Tangerang.

Baca juga: Kisruh Geprek Bensu, Jordi Onsu Jelaskan Kondisi Ruben Onsu dan Beri Pesan Bijak

“Kita pasang plang, orang lewat ambil makanan. Ada rasa syukur ketika saya langsung turun membagikan makanan. Bagi saya, sedekah adalah bentuk rasa syukur,” ujar Jordi.

Pelajaran berbagi didapat Jordi dari orangtuanya sejak kecil. Pada 2019 lalu, ia memberangkatkan asisten rumah tangga, penjaga rumah, sopir, dan ibu angkatnya berangkat umrah.

Selain itu, Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri juga menjadi momentum spesial buat Jordi dengan memperbanyak sedekah. Setiap hari raya umat Islam, setidaknya seribu paket berisi peralatan shalat dan kue diberikan kepada orang yang membutuhkan.

Baca juga: Jordi Onsu Ungkap Kondisi Ruben Onsu karena Ada Sengketa Geprek Bensu

Kepada karyawan dan orang-orang yang bekerja membantunya, Jordi menjadikan mereka sebagai partner kerja, bukan bawahan.

Menurut dia, karyawan yang membantu di manajemen Geprek Bensu sejak awal berdiri sampai sekarang belum berganti formasi. Kegemarannya beramal rupanya menurun dari ibunya.

“Mama saya menolak saat saya tawari bikin yayasan amal. Beliau lebih suka bersedekah langsung dari tangannya. Pernah suatu hari, melakukan perjalanan dari Jakarta ke Bogor, berhenti di setiap stasiun membagikan uang ke pengamen dan peminta-minta,” kata Jordi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com