Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jefri Nichol Sayangkan Stigma Masyarakat pada Pengguna Narkotika

Kompas.com - 18/06/2020, 22:10 WIB
Andika Aditia,
Novianti Setuningsih

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aktor muda Jefri Nichol menyampaikan pendapat berkait stigmatisasi atau pandangan negatif kepada para pengguna atau mantan pengguna narkotika.

Jefri Nichol menyampaikan ini dalam diskusi bertema "Pemenjaraan Pengguna Ganja Medis" yang diselenggarakan oleh Voice Of Indonesia, Kamis (18/6/2020).

Menurut Jefri, ia menyayangkan stigmatisasi di masyarakat yang malah tak menyelesaikan persoalan terkait penyalahgunaan narkotika sama sekali.

"Stigmatisasi yang seakan-akan pengguna berat dapat mengecilkan peluang sembuh para pengguna karena dikucilkan oleh masyarakat, misalnya sulit mendapat pekerjaan, atau dijauhi orang-orang," ucap Jefri Nichol seperti dikutip Kompas.com dari siaran live kanal YouTube VOIdotid.

Baca juga: Jefri Nichol: Pengguna Narkotika Lebih Butuh Bimbingan ketimbang Penjara

Jefri berujar, stigmatisasi yang ada malah membuat para mantan pengguna narkotika menjadi tak percaya diri hidup di tengah masyarakat dan berpotensi terjerumus kembali.

"Yang akhirnya membawa mantan pengguna depresi dan akhirnya menggunakan kembali, saya tidak setuju dengan istilah pesakitan narkoba karena tidak sesuai dengan semangat rehabilitasi sosial," ucap Jefri Nichol.

Selain itu, Jefri Nichol melanjutkan, stigmatisasi yang ada malah memberi kesan pengguna atau mantan pengguna narkotika sama dengan koruptor dan lainnya.

Padahal, Jefri Nichol merasa itu adalah dua persoalan berbeda.

"Jadi memang tidak tepat digembar-gemborkan di masyarakat seolah-olah disamakan dengan koruptor dan pembunuh," ucap Jefri Nichol.

Baca juga: Jefri Nichol Cerita Pengalamannya Jalani Rehabilitasi Narkotika

Diketahui, Jefri Nichol pernah berurusan dengan hukum ketika tertangkap menggunakan ganja pada tahun 2019 lalu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com