Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Joko Anwar: Nonton di Situs Ilegal Itu Sama seperti Mencuri

Kompas.com - 11/06/2020, 18:54 WIB
Ady Prawira Riandi,
Dian Maharani

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sutradara Joko Anwar cukup vokal dalam memerangi pembajakan dan peredaran situs film ilegal di Indonesia.

Lewat media sosialnya, Joko Anwar juga kerap mengedukasi para followers untuk mengubah pola pikir dan kebiasaan menonton di situs ilegal karena merugikan para pelaku industri film.

Dalam acara siarang langsung di Instagram APROFI (Asosiasi Produser Film Indonesia) bersama Haykal Kamil, Joko Anwar mengatakan, menonton film di situs ilegal itu sama saja seperti mencuri.

Baca juga: Imbas Corona, Joko Anwar Sebut Industri Film Indonesia Rugi Miliaran Rupiah

"Yang harus ditanamkan pada masyarakat menonton film di situs ilegal itu sama aja mencuri. Kalau menanamkan itu, nanti apa kita mau terus-terusan mencuri?" kata sutradara Gundala tersebut.

Tingkat kesadaran masyarakat Indonesia terhadap pembajakan dan peredaran situs film ilegal memang masih sangat rendah.

Walau Menkominfo sudah pernah menutup sejumlah situs ilegal, beberapa situs lain tiba-tiba muncul dan menjamur.

Baca juga: Joko Anwar Angkat Bicara Nasib Perfilman di Tengah Pandemi Corona

Padahal kini masyarakat bisa menonton film dengan legal lewat platform-platfor digital seperti Netflix, GoPlay, Viu, atau masih banyak yang lainnya.

Kehadiran situs-situs ilegal, terutama yang menayangkan film Indonesia, tentu saja menjadi musuh utama bagi industri film Tanah Air.

Jika ingin melihat industri film Indonesia tetap berkembang, Joko Anwar menyarankan masyarakat untuk segera menghentikan kebiasaan menonton film di situs ilegal.

Baca juga: Joko Anwar Berharap Penegakan Hukum untuk Pembajak Film Ditingkatkan

APROFI sendiri saat ini tengah mengisiasi gerakan crowd sourcing untuk menampung situs-situs streaming ilegal yang biasa digunakan di Indonesia.

Bagi Anda yang memiliki nama-nama situs ilegal yang menayangkan film-film Indonesia, Anda bisa mengisi formulir yang sudah disediakan di bio Instagram @aprofi.id.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com