Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jungkook, Cha Eunwoo, Jaehyun, dan Mingyu Nongkrong di Itaewon, Agensi Minta Maaf

Kompas.com - 19/05/2020, 09:49 WIB
Rintan Puspita Sari,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Empat idol mendadak jadi sorotan. Namun kali ini bukan karena prestasi melainkan karena mengabaikan anjuran social distancing yang diberlakukan sejak 25 April 2020.

Dispatch mengungkap empat idola kelahiran 1997, yakni Jungkook BTS, Cha Eunwoo ASTRO, Jaehyun NCT, dan Mingyu SEVENTEEN nongkrong di Itaewon selama masa pandemi virus corona.

Padahal Itaewon merupakan lokasi baru penularan virus corona di Korea Selatan baru-baru ini.

Baca juga: Tak Patuhi Social Distancing, Jungkook, Cha Eunwoo, Jaehyun, dan Mingyu Nongkrong di Itaewon

Keempat bintang muda itu diketahui mengunjungi restoran dan dua tempat hiburan di Itaewon.

Menurut penelusuran, tempat hiburan yang didatangi empat idol tersebut adalah campuran bar dan klub.

Padahal pada tanggal itu Pusat Pengendalian Penyakit Korea (KCDC) secara resmi meminta masyarakat berhati-hati dan menerapkan social distancing.

Tes Covid-19 negatif

Menurut Dispatch, keempat idol itu memang akhirnya melakukan tes Covid-19 dan hasilnya negatif. Seharusnya mereka mengisolasi diri selama 2 minggu.

Namun yang terjadi, Cha Eunwoo dan Jaehyun kembali dengan kegiatan keartisan sebelum dua minggu.

Baca juga: Big Hit Benarkan Jungkook BTS Ada di Itaewon Saat Masa Social Distancing

Cha Eunwoo harus mulai promosi comeback bersama ASTRO tanggal 7 Mei. Dia tampil di Cultwo Show dan Hidden Track.

Dia juga muncul di Music Bank pada tanggal 8 Mei, dan Music Core pada 9 Mei.

Sementara Jaehyun melanjutkan tugas sebagai MC Inkigayo, muncul untuk episode tanggal 26 April dan 3 Mei serta 10 Mei. Baik Jungkook dan Mingyu tidak ada jadwal resmi.

Agensi minta maaf

Empat agensi dari keempat idol itu akhirnya merilis pernyataan resmi. Mulai dari permintaan maaf, hingga penjelasan yang membenarkan bahwa artis mereka memang ada di lokasi.

SM Entertainment sebagai agensi Jaehyun NCT, Pledis Entertainment sebagai agensi Mingyu SEVENTEEN, Fantagio sebagai agensi Cha Eun Woo ASTRO, dan Big Hit Entertainment sebagai agensi Jungkook BTS, berikan klarifikasi masing-masing.

Baca juga: Setelah Big Hit, Agensi Cha Eunwoo, Jaehyun, dan Mingyu Konfirmasi soal Insiden Itaewon

"Benar bahwa Jungkook mengunjungi Itaewon. Bagaimanapun, saat dia berkunjung, dia tidak pergi ke lokasi yang sama seperti yang telah dikonfirmasi pada awal Mei. Dia pergi sekitar seminggu sebelum kasus terjadi," kata Big Hit.

"Segera setelah terkonfirmasi bahwa dia mengunjungi area itu selama periode pembatasan sosial, dia (Mingyu) dengan sukarela melakukan tes Covid-19 di rumah sakit pemerintah, meskipun dia tidak menunjukkan gejala Covid-19 seperti batuk atau demam," kata Pledis.

Sementara itu Fantagio mengatakan,"apapun alasannya, itu adalah tindakan yang ceroboh bagi artis kami Cha EunWoo untuk mengunjungi Itaewon ketika seluruh bangsa menerapkan social distancing."

SM Entertainment juga meminta maaf atas kelalaian mereka.

"Kami juga meminta maaf sedalam-dalamnya karena telah gagal membimbing dan mengelola artis kami untuk memastikan bahwa ia dengan hati-hati mengikuti protokol jaga jarak sosial selama waktu pribadinya juga," kata SM Entertainment.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com