Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kronologi Pembuatan Video Prank Sembako Isi Sampah Ferdian Paleka

Kompas.com - 08/05/2020, 19:04 WIB
Baharudin Al Farisi,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Polrestabes Bandung mengungkapkan kronologi pembuatan konten YouTube sembako berisi sampah dan batu yang dimuat di akun YouTube Ferdian Paleka.

Hal tersebut diungkapkan kepolisian melalui Instagram @polrestabesbandung, seperti dikutip Kompas.com, Jumat (8/5/2020).

Pada 30 April 2020, para pelaku berkumpul di rumah Ferdian Paleka guna berdiskusi tarkit konten YouTube tersebut.

Baca juga: Ferdian Paleka Buat Konten Prank Sembako Isi Sampah demi Hiburan

 

Pada kesempatan itu, tersangka Aidil memberikan ide kepada rekan-rekannya.

"Membuat video prank pemberian makanan kepada waria-waria di pinggir jalan dengan menggunakan dus mie instan yang di dalamnya diisi dengan batu dan sampah," demikian keterangan dari Polrestabes Bandung.

Pada 1 Mei 2020, Ferdian dan kawan mulai melancarkan aksinya dengan sasaran transpuan di Jalan Ibrahim Adjie, Kecamatan Kiaracondong, Bandung, Jawa Barat.

Baca juga: Ferdian Paleka Ungkap Alasan Sasar Transpuan Buat Video Prank Sembako Sampah

 

Pemberian paket sembako yang sudah diisi batu dan sampah tersebut diberikan dari tangan Ferdian dan Tubagus.

Sementara itu, Aidil bertugas sebagai juru kamera yang merekam adegan pemberian makanan tersebut.

"3 Mei 2020 para pelaku meng-upload video prank ke media sosial YouTube chanel dengan nama Ferdian Paleka," kata polisi.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Jumat, 08 Mei 2020 Pukul 14.00 wib, di Polrestabes Bandung Polrestabes Bandung melaksanakan Ekspose kasus dugaan tindak pidana dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya informasi elektronik, dan/atau dokumen elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik. Waktu dan Tempat Hari Jum'at 01 Mei 2020 wib di Jl Ibrahim Adjie Kec . Kiaracondong Kota Bandung. Saksi-saksi 1. Sdr. Ferdy Hermawan als Mellyssa Laluna ( L/27 thn ) 2. Sdr. Dhani Rizky Ramdani als mirna als pepew ( L/25 thn ) 3. Sdr. Herman Sawiran *ayah Ferdinan Paleka* ( L/45 thn ) PELAKU 1. Sdr. Ferdiansyah als Ferdinan Paleka ( L/21 thn ) 2. Sdr. Tubagus Faddinar Achyar ( L/20 thn ) 3. Sdr. Aidil ( L/21 thn ) BARANG BUKTI 1. 1 buah flashdisk berwarna ungu merek naser yang berisikan : - Rekaman video berdurasi 60 detik - Rekaman video berdurasi 60 detik dari account instagram @infobandungkota - Rekaman video berdurasi 12 menit 11 derik dari youtube chanel Ferdinan Paleka. - 4 potongan gambar 2. 1 unit kendaraan R4 yang dipakai ferdinan Paleka dalam membuat konten. KRONOLOGIS Pada tanggal 30 april 2020 para pelaku berkumpul di rumah Sdr.Ferdinan Paleka guna membicarakan terkait konten youtube milik Sdr.Ferdinan Paleka. Sdr. AIDIL memberikan ide kepada Sdr.Ferdinan untuk membuat video prank pemberian makanan kepada waria waria dipinggir jalan dengan menggunakan dus mie instan yang di dalamnya diisi dengan batu dan sampah. Kemudian pada hari Jum'at 01 Mei 2020 para pelaku melaksanakan aksinya dengan sasaran para waria waria dipinggir Jl. Ibrahim adjie Kota Bandung dengan memberikan paket makanan yang didalamnya berisi batu dan sampah oleh sdr. Ferdinan dan Sdr. Tubagus sedangkan Sdr. Aidil bertugas merekam adegan pemberian makanan tersebut dengan kamera. Pada hari minggu 03 Mei 2020 para pelaku mengupload video prank ke media sosial youtube chanel dengan nama "FERDINAN PALEKA". atas kejadian tersebut pelapor Sdr. Dhani Rizky als Mirna als Pepew merasa malu terhina dan tercemarkan nama baiknya.

A post shared by POLRESTABES BANDUNG (@polrestabesbandung) on May 8, 2020 at 1:34am PDT

Baca juga: Ferdian Paleka Bantah Video Prank Sembako Isi Sampah untuk Naikkan Subscriber

 

Seorang penerima bingkisan sembako isi sampah itu merasa malu, terhina, dan tercemarkan nama baiknya.

Karena itulah dia melaporkan kejadian ke Polrestabes Bandung.

Sebelumnya diberitakan Ferdian Paleka telah ditangkap setelah menjadi buron selama beberapa hari.

Baca juga: Ferdian Paleka: Saya Minta Maaf kepada Rakyat Indonesia dan Transpuan yang Saya Prank

Ferdian ditangkap pada Jumat (8/5/2020) dini hari.

“Untuk info awal bahwa para tersangka kasus prank sudah diamankan semua,” kata Kasatreskrim Polrestabes Bandung AKBP Galih Indragiri saat dihubungi Kompas.com.

Menurut Galih Indragiri, Ferdian ditangkap bersama dua pelaku lain berinisial A dan J yang merupakan paman Ferdian.

Baca juga: Polisi: Motif Ferdian Paleka Bikin Konten Prank Sembako Sampah untuk Naikkan Subscriber

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com