Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

14 Musisi Indonesia Kumpulkan Donasi untuk Pengusaha Kecil Terdampak Covid-19

Kompas.com - 02/05/2020, 17:34 WIB
Rintan Puspita Sari,
Dian Maharani

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com- Semua warga Indonesia tanpa terkecuali, dari berbagai kalangan terkena dampak luar biasa dari pandemi corona (Covid-19).

Namun diantara mereka, yang paling parah terkena dampak adalah pekerja harian seperti sopir ojek online, ibu pengusaha kecil, pemulung, penjual gorengan dan buruh harian.

Banyak dari mereka adalah tulang punggung keluarga dan harus menghidupi seluruh anggota keluarganya.

 Baca juga: Sederet Musisi Tanah Air Meriahkan Konser Amal Peduli Covid-19, Catat Tanggalnya

Untuk itu, Dewa Budjana, menggandeng 14 penyanyi Tanah Air merilis lagu berjudul "Satu Jalan" yang nantinya hasilnya akan disumbangkan untuk membantu keluarga pasien dan ibu pengusaha kecil terdampak Covid-19.

"Saatnya dalam situasi ini kita menyatu. Semoga lagu ini bisa mewakili rasa kebersamaan dan persaudaraan kita," kata Budjana dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi Kompas.com, Sabtu (2/5/2020).

Sementara itu musisi dan penulis lirik lagu ini, Trie Utami, mengatakan bahwa peristiwa saat ini seakan mengingatkan semua orang untuk kembali menjadi selayaknya manusia.

Hal senada juga diucapkan Tompi yang mengatakan bahwa ini adalah saat dimana orang harus kembali saling membantu.

"Semua ujian saat ini seolah mengajarkan kita untuk kembali ke fitrahnya manusia. Saling membahu untuk menghargai, bergerak bersama," ucap Tompi.

Selain Tompi dan Trie Utami, beberapa penyanyi yang turut terlibat di sini adalah Fadly Padi, Once Mekel, Dira Sugandi, Lea Simanjuntak, Edo Kondologit, Sruti Respati, Ivan Nestorman.

Juga ada Ayu Laksmi, Uyau Morris, Alvin Witarsa (strings), Gev Delano (bass) dan Mesty Ariotedjo (harpa).

Lagu tersebut bisa didengarkan di kanal YouTube Dewa Budjana.

Hasil penggalangan dana akan didistribusikan melalui Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) kepada para ibu pengusaha kecil yang menjadi mitra YCAB Ventures dan keluarga pasien.

Donasi Satu Jalan nantinya akan diberikan berupa sembako untuk ibu pengusaha kecil di sekitar Jawa Barat, Lampung, Jawa Tengah, juga bagi pasien Wecare.id yang kehilangan pekerjaan akibat Covid-19, dan terakhir untuk listrik bagi keluarga terdampak Covid-19.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com