Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Andrea Dian Sempat Positif Covid-19, Ganindra Bimo Tak Lakukan Tes Swab, Kenapa?

Kompas.com - 11/04/2020, 15:59 WIB
Rintan Puspita Sari,
Novianti Setuningsih

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki istri yang pernah dinyatakan positif Covid-19, tak lantas membuat Ganindra Bimo bersikeras melakukan tes swab.

Ganindra Bimo memutuskan untuk mengikuti saran dokter untuk melakukan isolasi diri. Bahkan, ia melakukan karantina mandiri selama 23 hari.

Sadar betul bagaimana kondisi tenaga medis saat ini karena Andrea Dian pernah dirawat dan melihat langsung kondisi rumah sakit serta tenaga medis yang bekerja, membuat Ganindra memutuskan tak melakukan tes swab.

Terlebih, dalam video berjudul "AKU DISEMBUHKAN DARI COVID 19", Ganindra Bimo juga tak mendapati gejala apapun dan sehat-sehat saja.

Baca juga: Berkaca dari Andrea Dian, Ganindra Bimo: Jauhi Virus Corona Bukan Rasa Kemanusiaan

 

Alasan lain yang membuat Ganindra Bimo memilih tak melakukan tes swab adalah antrean yang menurutnya lebih baik untuk mereka yang memang membutuhkan.

Oleh karenanya, Ganindra Bimo mengajak mereka yang kondisi tubuh sehat tapi merasa ada gejala, sebaiknya mengisolasi diri sendiri dibandingkan melakukan tes swab.

"Karena ketika kita enggak ada gejala, takut, parno sendiri, ikut antrean bareng orang yang terpapar Covid-19, atau orang yang bener-bener butuh bantuan untuk swab, kita malah bikin efektivitas tenaga medis Indonesia enggak karuan," kata Ganindra dikutip Kompas.com, Sabtu (11/4/2020).

Baca juga: Andrea Dian Sempat Nangis Lihat Fasilitas Rumah Sakit Awal Rujukan Covid-19

Saran Ganindra Bimo diamini istrinya, Andrea Dian. Menurut Andrea, melakukan isolasi diri sendiri akan meringankan beban pekerjaan tenaga medis yang memang terbatas.

Diketahui, Andrea Dian dinyatakan positif Covid-19 pada akhir Maret lalu dan menjalani perawatan di rumah sakit rujukan RSAL Mintoharjo, Jakarta Pusat.

Hingga akhirnya dinyatakan bebas dari virus corona setelah menjalani karantina di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta.

Baca juga: Peduli Dampak Corona, Rano Karno Bagikan 1.000 Nasi Bungkus

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com