Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hengky Kurniawan: Kalau Warga Keberatan, Saya Tidak Bisa Memaksakan

Kompas.com - 03/04/2020, 14:20 WIB
Ira Gita Natalia Sembiring,
Novianti Setuningsih

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran dan politikus Hengky Kurniawan tak ingin memaksakan warga di sekitar rumahnya memberi izin atas rencananya.

Hengky Kurniawan diketahui mempersilakan pemerintah menggunakan rumahnya di kawasan Pejaten, Jakarta Selatan, sebagai tempat tinggal sementara tenaga medis yang menangani virus corona.

Tetapi, warga di sekitar rumahnya dikabarkan menolak niat baik Wakil Bupati Bandung Barat tersebut.

"Saya pikir, kalau warga sudah keberatan, kita tidak bisa memaksakan. Artinya, saya pikir ya mungkin kita memaklumi kekhawatiran tapi juga kita harus ada..," kata Hengky Kurniawan saat dihubungi wartawan, Jumat (3/4/2020).

Baca juga: Lawan Covid-19, Hengky Kurniawan Sediakan Rumahnya Jadi Tempat Istirahat Tenaga Medis

Hengky menilai, penting untuk memberi pengertian kepada warga tentang menyikapi mereka yang berhubungan langsung dengan virus corona.

"Seperti kami di Bandung Barat juga mengedukasi masyarakat kalau ada orang yang ODP (Orang Dalam Pengawasan) jangan langsung diusir atau mengambil tindakan yang anarkis," tutur Hengky.

Oleh karenanya, menurut Hengky Kurniawan, penting adanya edukasi yang baik terkait virus corona oleh kepala daerah setempat.

Baca juga: Warga Sekitar Tolak Rumah Hengky Kurniawan Jadi Tempat Istirahat Tenaga Medis

"Kan ada kejadian juga tuh karena edukasi yang kurang sehingga mereka mengusir ODP, kan kasihan. Hal seperti itu yang ya boleh kita jaga-jaga khawatir tapi kan kita juga pemahaman tentang Covid-19 ini juga kita perlu tahu," ujarnya.

Sejak awal menawarkan rumahnya, Hengky Kurniawan memang menyerahkan urusan perizinan kepada Pemerintah Provinsi (pemprov) DKI Jakarta.

Pasalnya, saat ini Hengky sudah tinggal di Bandung dan kesulitan untuk berkomunikasi dengan orang-orang di lingkungan rumahnya di Jakarta.

Baca juga: Sediakan Rumahnya untuk Tenaga Medis, Hengky Kurniawan Serahkan Urusan Izin ke Pemerintah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com