Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menolak Karantina Mandiri, Evangeline Lilly Minta Maaf

Kompas.com - 27/03/2020, 16:55 WIB
Andika Aditia,
Dian Maharani

Tim Redaksi

Sumber USA Today

JAKARTA, KOMPAS.com - Aktris Evangeline Lilly meminta maaf karena telah membuat kontroversi usai menolak karantina mandiri di tengah pandemi virus corona.

"Saya ingin menyampaikan permintaan maaf yang setulus-tulusnya atas ketidakpekaan yang saya tunjukkan dalam posting sebelumnya kepada penderitaan dan ketakutan yang sangat nyata yang telah mencengkeram dunia melalui Covid-19," tulis Lilly di Instagram-nya, Kamis (26/3/2020).

"Dunia bersatu menemukan cara untuk menghentikan ancaman yang sangat nyata ini, dan keheninganku yang berlanjut telah mengirim pesan yang meremehkan, arogan, dan samar," tambahnya.

Baca juga: Kata Paul Rudd dan Evangeline Lilly soal Karakter Ghost

Pemeran superhero The Wasp ini sebelumnya memicu kontroversi melalui unggahan di akun Instagram-nya pada 16 Maret 2020.

Saat itu, Lilly menyepelekan virus mematikan itu sebagai "flu pernapasan" dan bahkan mungkin taktik politik.

Meskipun sudah ada imbauan untuk menerapkan social distancing, Lilly mengatakan keluarganya, yaitu dua anak kecil dan ayahnya yang terkena kanker, akan tetap menjalani rutinitas dengan normal.

Baca juga: Tolak Social Distancing, Aktris Evangeline Lilly Dikecam Ribuan Penggemarnya

Namun, Lilly kini sudah menyadari, bagaimanapun, sekarang ia dan keluarganya mulai menerapkan social distancing pada 18 Maret 2020.

"Meskipun saya gentar terhadap dampak sosial ekonomi dan politik dari tindakan ini, TOLONG BERI TAHU SAYA UNTUK MELAKUKAN BAGIAN SAYA UNTUK MENGATASI KURVA, MEMPRAKTIKKAN JARAK SOSIAL, DAN TINGGAL DI RUMAH DENGAN KELUARGA SAYA," katanya dalam unggahan hari Kamis.

Aktris berusia 40 tahun ini menjelaskan, dia tidak pernah bermaksud untuk menyakiti "mereka yang paling terkena dampak pandemi ini" dengan unggahan kontroversialnya, yang masih terlihat di halaman Instagram-nya.

"Ketika saya menulis posting itu 10 hari yang lalu, saya pikir saya menanamkan ketenangan ke dalam histeria," katanya.

"Aku bisa melihat sekarang bahwa aku memproyeksikan ketakutanku sendiri ke dalam situasi yang sudah menakutkan dan traumatis," tambahnya.

Seperti banyak orang Amerika yang bergulat dengan dampak sosial dari virus corona, Lilly mengatakan dia "peduli terhadap masyarakat luas-bisnis kecil dan keluarga yang hidup dari gaji ke gaji" dan takut akan "dampak politik".

Dia menambahkan, "Saya sedih dengan hilangnya nyawa yang terus-menerus, dan keputusan mustahil yang harus diambil oleh pekerja medis di seluruh dunia ketika mereka merawat mereka yang terkena dampak ... Saya mencoba mengikuti rekomendasi yang bertanggung jawab untuk bagaimana membantu,"

Bintang Ant-Man and the Wasp ini, menyimpulkan permintaan maafnya dengan "mengirimkan cinta kepada kalian semua, bahkan jika Anda tidak dapat mengembalikannya sekarang."

Komentar Lilly sejauh ini tampaknya diterima dengan baik.

"Ini tampaknya tulus. Saya tahu beberapa orang yang tidak cukup memahami betapa parahnya situasi sejak awal. Setidaknya Anda bisa belajar dari kesalahan Anda," ucap salah satu penggemar.

Sementara, yang lain berkomentar, "Terima kasih telah kembali dan menyadari apa yang terjadi, butuh orang besar untuk melakukan itu,".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber USA Today
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com