Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siasati Wabah Virus Corona, Endank Soekamti Rilis Album Secara Virtual

Kompas.com - 20/03/2020, 06:40 WIB
Andika Aditia,
Dian Maharani

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Grup musik asal Yogyakarta, Endank Soekamti, tak habis akal di tengah aktivitas sosial yang terbatas lantaran virus corona yang menjadi pandemi global.

Grup band yang digawangi Erix, Dory, dan Tony ini tetap bersemangat untuk berkarya.

Salah satunya ditunjukkan dengan merilis album terbaru berjudul Air.

Agar peluncuran albumnya tetap berjalan tanpa terganggu social distancing, Erix dan kawan-kawan meluncurkan album barunya secara virtual.

Baca juga: Erix Endank Soekamti Tak Mengira Lagu Liburan Hiasi Film Anak

Endank Soekamti berencana bakal merilis album barunya bertepatan dengan peringatan Hari Air Sedunia yang jatuh pada 22 Maret 2020 mendatang.

Nantinya, launching akan dilakukan secara online dan tetap bisa dinikmati para penggemarnya tanpa harus berkumpul di satu tempat.

"Semua konsep yang sudah disiapkan, seperti performance art dan pantomim akan tetap dihadirkan. Dan virtual launch ini akan lebih interaktif dari live streaming yang biasa digelar Endank Soekamti," kata Erix seperti dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (19/3/2020).

Baca juga: Salam Indonesia Album Termahal Endank Soekamti

Tak hanya itu, demi meminimalisir potensi penyebaran virus corona lewat kerumunan, virtual launch album bakal ditayangkan dari tiga studio yang berbeda.

Rencananya, live streaming akan tayang di kanal YouTube resmi Endank Soekamti pada hari Minggu (22/3/2020), pukul 19:00 WIB.

Dengan demikian, album Air menjadi album kesembilan Endank Soekamti selama bermusik.

Album Air sendiri ditulis dan direkam sepenuhnya di pulau Kepa, Alor, NTT selama satu bulan.

Masyarakat Pulau Kepa telah memberi inspirasi terhadap 18 lagu yang ada di dalam album ini.

Berbagai keluh kesah masyarakat Pulau Kepa yang sulit mendapatkan air bersih, juga mengilhami Endank Soekamti untuk merilis situs tirtanusantara.id, sebuah gerakan untuk menghadirkan air bersih di daerah yang sulit air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com