Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arief Muhammad Galang Dana untuk Masyarakat Kecil di Tengah Wabah Virus Corona

Kompas.com - 19/03/2020, 12:02 WIB
Baharudin Al Farisi,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - YouTuber Arief Muhammad juga  menunjukkan kepeduliannya terhadap masyarakat kecil di Indonesia.

Arief menunjukkan kepeduliannya itu dengan menggalang dana yang nantinya disalurkan ke masyrakat kecil.

"Gue mau mengajak kalian menyisihkan sedikit rezeki untuk bantuk ngelindungin masyarakat kecil dari virus corona," tulisnya seperti dikutip Kompas.com di unggahan Instagram-nya, @ariefmuhammad, seperti dikutip Kompas.com, Kamis (19/3/2020).

Baca juga: Pandemi Covid-19, Atta Halilintar Galang Dana untuk Tenaga Medis

Penggalangan dana itu dilakukan melalui laman kitabisa.com.

Pemilik nama lengkap Muhammad Arief Yakoeb menilai masyarakat kecil tidak dapat mengisolasi diri untuk mecegah penyebaran wabah virus corona di Indonesia.

Menurut Arief, masyarakat berpenghasilan rendah mengalami kesulitan memeriksakan diri ke rumah sakit untuk mengecek dirinya terjangkit virus corona atau tidak.

Baca juga: Galang Dana Penanganan Corona, Rachel Vennya Berhasil Kumpulkan Rp 1 Miliar Lebih

Selain itu ketika karyawan kantoran bisa bekerja dari rumah, kata Arief, orang-orang seperti pengemudi ojek online, pedagang keliling, dan pekerja kecil lainnya masih harus berada di jalanan.

"Mereka masih harus harus ngelewatin daerah yang rawan banget terinfeksi virus corona, ketika kita sedang santai mengisolasi diri di rumah," tulisnya.

"Jawaban sebenarnya harusnya sudah pada tau, subsidi silang dari yang lebih mampu ke yang enggak mampu," imbuh Arief Muhammad.

Baca juga: Sumbang Rp 100 Juta Atasi Pandemi Corona, Nikita Mirzani: Artis Luar Aja Bisa Miliaran

 

Suami Tiara Pangestika itu mengatakan donasi yang terkumpul akan digunakan untuk membeli sembako yang akan dibagikan kepada mereka.

"Dengan bantuan ini, masyarakat kecil bisa #dirumahaja untuk sementara waktu, jadi bisa mengurangi risiko mereka dari corona," tulisnya.

Selain itu, Arief juga akan menjalin kerja sama dengan pihak rumah sakit rujukan untuk memberikan akses kesehatan untuk pengecekan dan pengobatan.

Baca juga: Kado Arief Muhammad untuk Tipang yang Bikin Baper

 

"Karena masalah biaya, enggak semua orang bisa dapat akses kesehatan. Maka dari itu kita harus mempermudah akses kesehatan masyarakat kecil supaya bisa terlindungi dari corona," tulis Arief kepada 1,9 juta followers-nya di Instagram.

 

Arief juga mengacungkan jempol kepada selebgram Rachel Vennya dan pengamat musik Adib Hidayat yang sudah bergerak untuk menggalang dana untuk menanggulangi penyebaran virus corona.

Sementara, Arief mengumumkan bantuan ini akan didistribusikan ke masyarakat kecil di kota-kota besar yang rawan terinfeksi corona.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com