Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BTS Jawab Alasan Shadow dan Ego di Map of the Soul: 7

Kompas.com - 24/02/2020, 15:53 WIB
Novianti Setuningsih

Penulis

Sumber Koreaboo

KOMPAS.com - Dalam konferensi pers secara online yang digelar Senin (24/2/2020), BTS mengungkapkan alasannya menggunakan dua konsep, "Ego" dan "Shadow" dalam album Map of the Soul: 7.

Semua berawal saat Jin menjawab pertanyaan yang telah dikirimkan secara online sebelumnya.

Memilih kata kunci ‘7’, Jin harus menjawab pertanyaan, “Jika bisa definisikan Map of the Soul: 7 dengan kata atau kalimat pendek, apa jadinya? Dan apa yang membuatnya berbeda dari album sebelumnya?”

Baca juga: Jangan Terlewatkan, Berikut Jadwal Lengkap BTS Usai Rilis Map of the Soul: 7

Kemudian, Jin menjawab bahwa album Map of the Soul: 7 merepresentasikan tujuh personel. Selain itu, album ini lebih memperlihatkan sisi personal dari making-masing member.

Menambahkan, RM menjawab pernyataan mengapa "Shadow" dan "Ego" dimasukan dalam album Map of The Soul: 7.

“Banyak yang penasaran kenapa kami memasukan 'Shadow' dan 'Ego' dalam satu album. Tahun lalu, kami banyak liburan yang membuat comeback tertunda,” kata RM.

Menurut RM, 'Shadow' adalah rasa sakit dan perjuangan yang telah kami alami. Sedangkan ‘Ego’ adalah upaya BTS menerima hal itu menjadi bagian dari takdir dan melangkah maju.

Baca juga: Kasus Virus Corona Meningkat, BTS Gelar Jumpa Pers Map of the Soul: 7 Tanpa Media dan Penggemar

“Setelah berdiskusi dengan member dan perusahaan, mereka bertanya bagaimana pendapat kami tentang memasukkan 'Shadow' dan 'Ego'. Kami juga merasa bahwa ‘7’ sangat pas untuk digunakan sebagai judul album ini,” kata RM melanjutkan.

Sebagaimana dikatakan RM, Map of the Soul: 7 memang diklaim banyak menggambarkan perasaan dan perjuangan masing-masing personel BTS.

Selain itu, Map of the Soul: 7 juga menggambarkan perjuangan BTS selama tujuh tahun bermusik.

Hal itu tercermin dalam lirik lagu “ON”. BTS bakal berjuang melawan tantangan dan hal negatif bersama dengan para penggemarnya yang biasa disebut ARMY.

Baca juga: BTS: ARMY Selalu Memberi Kami Energi Positif

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Koreaboo
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com