Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Boyband X1 Belum Dibayar Sejak Debut hingga Bubar, Mnet Beri Penjelasan

Kompas.com - 19/02/2020, 10:50 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Editor

KOMPAS.com - Honor yang seharusnya diterima masing-masing anggota boyband X1, dikabarkan masih belum dibayarkan lebih dari sebulan setelah pembubaran resmi grup tersebut.

Sekarang sudah 42 hari atau 6 minggu, sejak pembubaran X1 dan biaya penyelesaian untuk periode pendek mereka bersama disebut masih 0 won alias nihil.

Baca juga: X1 Bubar, Kim Yo Han Jadi Sorotan, Kenapa?

CEO CJ ENM Heo Min Hee mengatakan pada konferensi persnya setelah pembubaran X1 bahwa perusahaan akan bertanggung jawab penuh atas peristiwa yang menyebabkan pembubaran grup.

Namun, masalah pembayaran untuk X1 masih belum diselesaikan.

Baca juga: Begini Kronologi Pembubaran Boyband X1

Menurut orang dalam melalui Ilgan Sports, agensi anggota X1 telah meminta CJ ENM beberapa kali untuk menyelesaikan pembayaran, tetapi belum ada konfirmasi dari CJ ENM.

Meskipun X1 menjual Gocheok Sky Dome, menjual lebih dari 600.000 album, dan berpartisipasi dalam acara di luar negeri, anggota dan agensi masih bekerja tanpa bayaran.

Sementara itu, CJ ENM terungkap telah mengantongi ratusan juta won karena seri program Produce, termasuk 88 juta won atau Rp 1 miliar hanya dari pemungutan suara atau voting seluler saja.

Baca juga: X1 Bubar, Uang Keanggotaan Fan Club ONE IT Dikembalikan

Kembali pada November 2019, CJ ENM yang menanggapi laporan bahwa X1 belum dibayar, menyatakan bahwa pembayaran akan dilakukan sesuai jadwal triwulan.

"Pembayaran dilakukan setiap triwulan dan karena baru sekitar tiga bulan sejak debut mereka, bukan saatnya pembayaran mereka diterima," kata CJ ENM saat itu.

Sementara baru-baru ini, perwakilan humas Mnet berkomentar tentang kemungkinan anggota dan agensi dibayar segera.

Baca juga: X1 Dibubarkan, 1.000 Fans Berdemo di Depan Kantor CJ ENM

"Ketika X1 telah bubar, ada banyak hal yang perlu diselesaikan. Butuh waktu lama untuk menyelesaikan semuanya. Kami akan segera mengirimkan surat penyelesaian kepada masing-masing agensi untuk menyelesaikan masalah pembayaran," ucap Mnet.

Perwakilan humas Mnet juga mengomentari dana KPop yang dinyatakan oleh CEO Heo Min Hee akan digunakan untuk menumbuhkan KPop secara keseluruhan, dengan Mnet menyerahkan sebagian dari keuntungannya.

"Kami sedang mempertimbangkan cara menggunakan dana tersebut. Kami perlu memilih perusahaan yang akan mengelola dana 25,3 miliar won (Rp 291 miliar)," kata Mnet.

Baca juga: Grup X1 Bubar, Kim Yo Han Didaulat Bintangi Drama School 2020

X1 adalah grup musik yang dibentuk melalui acara Produce X 101 yang tayang di Mnet dan melakukan debut pada Agustus 2019.

Namun, kontroversi mengenai manipulasi pemungutan suara muncul menghantam Produce 101 dan mengarah ke XI.

Pada Januari 2020, diumumkan bahwa sebuah perjanjian telah dibuat oleh agensi para anggota bahwa kelompok itu akan bubar.

Baca juga: Boyband X1 Dikabarkan Belum Dibayar sejak Debut

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com