Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Grammy Awards 2020, Ariana Grande Bawakan "7 Rings" yang Dituding Hasil Plagiat

Kompas.com - 27/01/2020, 10:27 WIB
Rintan Puspita Sari,
Kurnia Sari Aziza

Tim Redaksi

Sumber CNN

JAKARTA, KOMPAS.com - Gugatan kecil tidak mencegah Ariana Grande tetap menyanyikan lagu hits miliknya.

Seperti yang ia tunjukkan saat mengisi acara Grammy Awards di Staples Center, Los Angeles, California, Amerika Serikat, Minggu (26/1/2020) waktu setempat.

Setelah membuka penampilan dengan lagu "Imagine", Ariana membawakan lagu "7 Rings" lengkap dengan penari latar yang mengenakan lingerie.

Baca juga: Lizzo Kalahkan Taylor Swift dan Ariana Grande di Grammy Awards 2020

Lagu "7 Rings" sebelumnya sempat menjadi perbincangan lantaran adanya dugaan plagiarisme yang dilakukan Ariana bersama tujuh penulis lainnya.

Josh Stone, musisi hip-hop dan produser yang memiliki nama panggung "DOT," menuding nada lagu "7 Rings" hampir identik dengan lagu karyanya yang berjudul "You Need It, I Got It."

"Secara harfiah, setiap hal dari 39 nada '7 RING' identik dengan 39 nada dari 'I GOT IT' dari perspektif penempatan metrik," kata DOT seperti dilansir dari CNN, Senin (27/1/2020).

Baca juga: Kobe Bryant Meninggal, Grammy Awards 2020 Beri Penghormatan Terakhir

Lagu "7 Rings" yang menjadi lagu nomor satu sejak dirilis pada Januari 2019.

Lagu tersebut menggunakan melodi dari "My Favorite Things" karya Richard Rodgers dan Oscar Hammerstein II dari "The Sound of Music."

Lagu tersebut dikreditkan pada sepuluh penulis lagu, termasuk duo Broadway dan Ariana Grande. 

Sementara itu, tuntutan yang diajukan justru tidak menyebutkan nama Rodgers dan Hammerstein atau menyebutkan "My Favorite Things".

Baca juga: Shawn Mendes Berjalan Sendiri di Karpet Merah Grammy Awards 2020, Kenapa?

Adapun, tahun ini Ariana Grande mendapatkan nominasi untuk lima kategori penghargaan, yakni Record of The Year (7 Rings), Album of the Year (Thank U, Next), Best Pop Solo Performance (7 Rings), Best Pop Duo/Group Performance (Boyfriend), dan Best Pop Vocal Album (Thank U, Next).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com