Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suami Soraya Haque Jalani Pemeriksaan Dugaan Infeksi Tuberkulosis Paru

Kompas.com - 18/01/2020, 23:03 WIB
Andika Aditia,
Dian Maharani

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Suami Soraya Haque, Ekki Soekarno menjalani perawatan di rumah sakit. sejak Kamis (16/1/2020) hingga hari ini.

Setelah diketahui mengalami infeksi paru-paru dan serangan jantung, tim dokter yang menangani Ekki masih terus melakukan pemeriksaan.

Pemeriksaan ini untuk mengetahui pasti penyakit penyebab kondisi Ekki menurun drastis sejak beberapa hari lalu yang menyebabkan komplikasi.

Baca juga: Suami Terbaring Lemah, Soraya Haque Berdoa Ingin Menua Bersama

Putri Soraya Haque, Nadia Ayesha Mieke Soekarno atau Nadia Soekarno mengatakan, salah satu pemeriksaan yang dilakukan adalah mengecek adakah infeksi tuberkulosis (TB)


"Kalau untuk (indikasi terinfeksi) TBC-nya baru di cek hari ini dan hasilnya baru besok dan kalau memang hasilnya positif berarti semua infeksi paru-paru dan juga serangan jantung ini adalah penyebab dari adanya TBC," ucap Nadia kepada Kompas.com via sambungan telepon, Sabtu (18/1/2020).

Nadia mengatakan, apabila ayahnya tak mengidap TBC, maka akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mencari indikasi adanya penyakit lain yang diderita Ekki Soekarno.

Baca juga: Terbaring Lemah, Suami Soraya Haque Alami Infeksi Paru-paru dan Serangan Jantung

"Jadi kalau memang hasilnya negatif berarti yang musti dicek adalah CT scan dan rontgen, itu untuk mengetahui apakah ada tumor atau adakah kanker paru-paru di situ (dada)," ucap Nadia.

Namun, bila semua pemeriksaan tersebut tak terbukti, maka Ekki kemungkinan besar permasalahan awal kesehatannya ada pada kondisi jantung dan akan segera dilakukan katerisasi.

Hingga saat ini, Nadia bersama pihak keluarga masih menanti hasil pemeriksaan tim dokter yang menangani.

"Itu (semua pemeriksaan) untuk (cari tahu) penyebab awalnya sih, jadi kami perlu tahu, dokter juga masih mengira-ngira ini penyebabnya awalannya ini karena apa, soalnya kan ini sudah ke mana-mana, paru-paru kena, jantung kena, semuanya kena," ucap Nadia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com