Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bareng Kemendikbud, Netflix Adakan Pelatihan Penulisan Skenario Film di Hollywood

Kompas.com - 09/01/2020, 15:43 WIB
Revi C. Rantung,
Dian Maharani

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Nadiem Anwar Makarim turut mengapresiasi adanya Netflix yang menghadirkan tayangan bermutu untuk publik.

Netflix juga mendukung penuh adanya pertumbuhan perfilman Indonesia.

“Saya bersyukur sekali karena saya fans Netflix. Seneng rasanya konten Indonesia semakin lama semakin banyak tampil di Netflix,” kata Nadiem saat jumpa pers di Kemendikbud, Jalan Jenderal Sudirman, Kamis (9/1/2020).

Baca juga: Golden Globe 2020, Netflix Harus Puas Hanya Masuk Banyak Nominasi

Untuk itu, Kemendikbud berkolaborasi dengan Netflix untuk mengadakan pelatihan penulisan skenario hingga film pendek.

Partnership ini adalah yang pertama dari sebuah program kebudayaan yang bersifat lebih inovatif, terfokus pada memasak dan menunjukan talenta di bidang kebudayaan Indonesia di dunia,” ucapnya.

Nantinya, akan ada 10 orang yang dipilih untuk mengikuti pelatihan script writer di Hollywood. Akan tetapi sebelumnya, adapun 100 orang script writer yang akan terlebih dahulu mengikuti pelatihan di Indonesia.

Baca juga: Rekomendasi Tayangan Netflix untuk Temani Tahun Baru 2020

“Nah ini adalah makanya inisiatif pertama kami senang sekali mengumumkan bahwa Netflix akan mengadakan pelatihan kepada beberapa orang scriptwriter Indonesia akan dikirim ke Hollywood, bapak-bapak ibu-ibu, dikirim ke Hollywood untuk dilatih dalam konteks scriptwriting dan film science ya,” tuturnya.

Kolaborasi lain seperti kompetisi film pendek juga akan digelar yang mana bakal bertemakan Pancasila. Kompetisi ini merujuk memajukan perfilman Indonesia.

Adapun kehadiran Managing Director Netflix Asia-Pacific, Kuek Yu Chuang hingga sutradara Timo Tjahjanto dan produser Sheila Timothy dalam acara tersebut tersebut.

Sementara dari Sheila Timothy menyambut baik kolaborasi tersebut. Apalagi, kehadiran Netflix membawa pendistribusian film di Indonesia semakin luas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com