Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Sakit Buka Suara soal Pemeriksaan Lina Jubaedah, Sudah Meninggal Pas Tiba dan Perlu Otopsi

Kompas.com - 08/01/2020, 10:08 WIB
Andika Aditia,
Novianti Setuningsih

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pihak RS Al Islam Bandung turut berbicara terkait polemik dari meninggalnya mantan istri Sule, Lina Jubaedah pada 4 Januari 2020.

Apalagi, setelah ramai diberitakan putra sulung almarhumah, Rizky Febian melaporkan kejanggalan dari kematian ibunya ke Polrestabes Bandung pada 6 Januari 2020.

Dirangkum Kompas.com, berikut penjelasan RS Al Islam Bandung terkait kondisi mendiang Lina yang sempat dibawa ke rumah sakit untuk ditangani.

Baca juga: Kematian Ibunya Dianggap Tak Wajar, Rizky Febian Lapor Polisi hingga Jenazah Lina Diotopsi?

1. Dibawa pagi dan sudah meninggal setibanya di rumah sakit

Kepala Bidang Informasi dan Pemasaran RS Al Islam Bandung, dr. Guntur Septapati, MMRS mengatakan, Lina sudah dalam keadaan meninggal dunia saat tiba di instalansi gawat darurat (IGD).

"Ke IGD saat itu sekitar jam 04.00 pagi, pukul 04.15 dinyatakan meninggal dunia, ke sini sudah tak bernafas. Kami yakinkan standar rumah sakit dan lain-lain, (Pada) pukul 04.15 pasien sudah meninggal dunia," ujar Guntur seperti dilansir dari Tribun Jabar, Selasa (7/1/2020).

Baca juga: Keluarga Mengaku Tak Sempat Melihat Jenazah Lina Jubaedah

2. Tak sempat didiagnosa dan perlu otopsi

Pihak rumah sakit tidak bisa menentukan diagnosa secara pasti soal kematian Lina. Sebab, pasien sudah meninggal dunia.

Guntur menuturkan, pihak rumah sakit tidak bisa memastikan penyebab meninggal dunia atas nama pasien Lina Jubaedah kecuali dilakukan otopsi.

"Saat itu dianggap normal, minta langsung dibawa pulang. Enggak ada mengarah dan melihat ke arah lebam-lebam," katanya.

Berdasarkan standar pelayanan rumah sakit, apabila ada pasien yang meninggal dunia dan pihak keluarga ragu-ragu soal penyebab kematian, perlu dilakukan otopsi.

"Karena secara medis, bisa diketahui semua. Misalnya, perkiraan kematian berapa lama, soalnya datang ke sini sudah meninggal," kata Guntur.

Baca juga: Jenazah Lina Jubaedah Dicurigai Lebam, Rumah Sakit Buka Suara

Diberitakan sebelumnya, Rizky Febian membuat laporan atas temuan kejanggalan kematian Lina Jubaedah kepada polisi pada 6 Januari 2020, tanpa adanya pihak terlapor.

Sebelumnya, Sule sempat mengungkapkan rencananya memeriksa ke rumah sakit guna menanyakan hasil visum terhadap jenazah Lina.

Niat Sule tersebut karena mendengar kabar bahwa sempat dilakukan pemeriksaan terhadap Lina dan mendapati jenazah mantan istrinya tersebut membiru.

Baca juga: Pernyataan Teddy, Suami Lina Terkait Laporan Rizky Febian

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com