Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketegaran Rahayu Saraswati Ceritakan Anaknya yang Idap Down Syndrome

Kompas.com - 25/12/2019, 08:26 WIB
Baharudin Al Farisi,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembawa acara sekaligus politikus Partai Gerindra Rahayu Saraswati berbagi pengalamannya memiliki anak berkebutuhan khusus.

Dengan tegar, Sara, panggilan akrabnya berbagi cerita dalam video berjudul "Q&A: Terima Kondisi Anak Apa Adanya (4/6)" di kanal YouTube Q&A Metro TV seperti dikutip Kompas.com, Selasa (24/12/2019).

1. Saat dalam kandungan

Putra kedua Sara, Wira, yang lahir pada 2017 didiagnosis down syndrome saat masih berada di dalam kandungan usia 14 minggu.

Baca juga: Kisah Rahayu Saraswati Mengetahui Putranya Berkebutuhan Khusus

Sebetulnya, Sara telah mengetahui hal tersebut sejak masih dalam masa kehamilan.

"Jadi waktu itu sebenarnya masih hamil tahap awal, kebetulan saja ambil tes darah yang bisa cek kromosomnya," kata Sara.

Ia sama sekali tidak berpikir negatif saat pemeriksaan darah. Sara hanya menjalankan tes tersebut karena ditawari dokter.

Setelah hasil tes darahnya selesai, ia dihubungi sang dokter. Dokter pun memberi tahu bahwa terjadi kelainan pada kromosom janinnya.

"Tanpa basa-basi dia (dokter) langsung, 'Oke tes darah kamu baik dan hasilnya anak kamu kemungkinan besar 90 persen punya trisomi 21, kromosomnya berarti ada ekstra satu'," ucap Rahayu.

Baca juga: Anak Idap Down Syndrome, Rahayu Saraswati: Hadiah dari Tuhan

2. Mengaku syok

Sara pun mengaku menangis saat mengetahui calon anaknya pada saat itu telah divonis dokter memiliki kelainan jumlah kromosom.

Air mata perempuan yang karib disapa Sara mengalir bukan karena tak menerima kehadiran anaknya yang berbeda. Melainkan, sedih membayangkan penerimaan dunia terhadap sang anak nantinya.

Ditambah lagi, Sara mengakui kondisinya saat itu tidak mudah. Ia tengah sibuk berpolitik sebagai politikus Partai Gerindra.

"Jujur syok banget dan memang waktu itu baru mulai-mulainya Pilkada DKI, sebagai jubir lagi. Jadi tekanannya memang luar biasa, tetapi yang saya sangat bersyukur punya support system yang luar biasa," kata Sara.

3. Tidak gugurkan kandungan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com