Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Kegilaan Juri di Balik Layar Indonesian Idol X

Kompas.com - 24/12/2019, 10:03 WIB
Rintan Puspita Sari,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selalu ada kisah menarik di balik layar sebuah proses produksi. Sama halnya dengan panggung Indonesian Idol X 2019.

Yang mencuri perhatian adalah kisah para juri di balik panggung.

Diketahui, Indonesian Idol X kali ini memiliki lima juri. Mereka adalah Anang Hermansyah, Ari Lasso, Maia Estianty, Judika, dan Bunga Citra Lestari.

Banyak peristiwa-peristiwa menarik yang dilakukan oleh para juri yang diceritakan dalam vlog Ari Lasso berjudul Blak2an di Blakang Panggung..! Tentang Komposisi Juri dan Kontestan seperti dikutip Kompas.com.

1. Disebut Indonesian Jawir Idol

Buat penonton setia Indonesian Idol, pastinya tak asing saat melihat perbincangan Maia, Anang dan Ari Lasso. Ya, mereka kerap kali menggunakan bahasa Jawa saat berinteraksi.

Kesan lebih Jawa ini lantas membuat Maia menyebut perbedaan menonjol Indonesian Idol kali ini dengan tahun sebelumnya, yakni lebih 'ndeso.'

Bahkan, Maia menyebut Indonesian Idol yang sekarang adalah 'Indonesia Jawir Idol.'

"Lebih ndeso saiki. Kalau tahun lalu lebih kota, lebih urban," kata Maia.

Tak jauh berbeda dari Maia, Judika yang berasal dari Batak bahkan kerap bingung menanggapi lelucon mereka karena tidak mengerti bahasa Jawa.

"Ya, bedalah, kalau dulu ada Sunda-nya, dulu masih balance, ada Sunda. Kalau ini gue kayak Batak sendiri, Jowoan becandanya," kata Judika.

2. Beda generasi perkaya penilaian

Selain berbeda bahasa daerah, perbedaan lainnya soal regenerasi juri. Maia, Anang, dan Ari adalah para juri generasi lama.

Sedangkan Judika dan BCL merupakan nama baru di Indonesian Idol.

Namun, mereka tetap bisa duduk bersama. Mereka memberikan masukan yang lebih kaya untuk setiap kontestan. Tentu saja, komentar dan masukan mereka dapat memperkaya wacana penonton untuk memilih idolnya.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com