Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiffany Young Mengaku Pernah Depresi Saat Bersama Girls' Generation

Kompas.com - 11/12/2019, 11:19 WIB
Rintan Puspita Sari,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

Sumber Koreaboo

JAKARTA, KOMPAS.com - Terlepas dari penampilannya yang terlihat sebagai anggota yang ceria dari girlband Girls' Generation, Tiffany Young baru-baru ini membuat sebuah pengakuan.

Ia mengungkap kondisinya yang ternyata pernah menderita depresi dan kegelisahan ketika awal kariernya di grup tersebut.

Saat ini, Tiffany merasa jauh lebih baik, meski tetap selalu merasa terpojok tentang penampilannya.

Baca juga: Takjub Lihat Video Musik Taeyeon SNSD, Rizky Febian Puji Industri Kpop

"Saya menjadi lebih damai, (tapi) sebelumnya, saya paling khawatir tentang apa yang saya ucapkan dan bagaimana saya mengatakannya," kata Tiffany dilansir Koreaboo, Rabu (11/12/2019).

Penyanyi yang kini bersolo karier itu, merasa dulu begitu terobsesi untuk selalu terlihat bersemangat, bahagia saat awal debut bersama Girls' Generation.

"Saya debut di Korea saat masih di bangku SMA, jadi kapan pun ada di depan kamera, saya merasa saya harus otomatis menjadi gadis muda," ucap Tiffany.

Baca juga: Siap-siap! Lee Hi dan Tiffany Young Bakal Meriahkan Super Kpop Festival Indonesia 2019

"Dengan nada suara tinggi, memiliki energi yang baik, dan itu menjadi obsesi tak sehat dalam hidup saya," katanya menambahkan.

Pada akhirnya dia sampai pada titik di mana harus menerima terapi untuk menjauh dan memprogram ulang cara berpikirnya.

"Saya harus menerima banyak terapi psikologi agar percaya bahwa saya bisa mengekspresikan di depan kamera bahwa saya juga manusia biasa," ucap Tiffany.

Baca juga: Ada Lee Hi hingga Tiffany Young, Cek Harga Tiket Super Kpop Festival Indonesia 2019

Tiffany kala itu belajar untuk bisa menunjukkan bahwa ia memiliki emosi, memiliki saat di mana ia merasa marah dan sedih.

"Jika sebelumnya saya menyembunyikan luka saya dan rasa frustrasi, (sekarang) saya belajar bahwa tidak masalah untuk tidak baik-baik saja," ujar penyanyi berusia 30 tahun itu.

Tiffany juga mengungkapkan bahwa ada titik dalam hidupnya ketika ia menderita deperesi di atas rasa gelisah, namun saudaranya adalah sumber kekuatan saat sedang menghadapi masa sulit.

Baca juga: Tiffany Young Tampil Gemerlap di SKF Indonesia

"Pernah suatu kali saya merasa depresi dan kakak saya bilang bahwa 'kamu tidak perlu merasa baik-baik saja, tapi semuanya akan baik-baik saja apa pun yang terjadi'," ucap Tiffany.

"Ada banyak waktu saat saya ingin sembunyi, menyerah, dan memiliki perasaan negatif seperti itu. Bukan hanya saya, tapi semua orang," tutur Tiffany.

Dia berharap saat ini bisa menjadi contoh dan sumber kekuatan serta motivasi bagi siapa pun yang menderita kegelisahan atau depresi.

Baca juga: Tiffany Young Terharu Dapat Pesan Dukungan dari Member SNSD

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Koreaboo
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com