Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sedang Memanas, Muncul Bukti Kecurangan Chart Musik Digital Korea

Kompas.com - 05/12/2019, 17:29 WIB
Rintan Puspita Sari,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

Sumber Soompi

JAKARTA, KOMPAS.com - Seorang informan yang dirahasiakan namanya membagikan beberapa bukti terkait adanya dugaan manipulasi dalam peringkat tangga lagu digital di Korea.

Pada 5 Desember 2019, sumber itu mengirim foto sebuah komputer dan lagu yang sedang didengarkan online menggunakan puluhan akun secara serempak.

Baca juga: Produser Produce X 101 Dijebloskan ke Penjara atas Tuduhan Manipulasi Voting

"Ini pasti yang belum lama ini dimaksud oleh Park Kyung," kata sumber seperti dilansir dari Soompi.

"Saya harap ini bisa membantu Park Kyung, meskipun hanya kecil. Berkas aslinya adalah video dan (ada) wajah orang yang mengoperasikan komputer juga terlihat," ujarnya.

Baca juga: Kronologi Kasus Dugaan Manipulasi Voting Produce X 101

Dia kemudian berniat meminta pihak yang berkompeten mengenali wajah untuk bisa mendeteksi orang dalam video yang dimaksud.

Selain itu, dia juga akan memasukkan bukti itu pada agen investigasi, Kementerian Budaya, Olahraga dan Pariwisata serta badan lain yang terlibat dengan industri musik.

Topik manipulasi ini mulai menyita perhatian sejak Park Kyung dari Block B membagikan unggahan tentang adanya beberapa artis yang diduga terlibat metode itu.

Baca juga: Produser Produce 101 Akui Juga Manipulasi Hasil Voting untuk Wanna One dan I.O.I

Orang-orang di industri ini juga banyak memberi tanggapan tentang bagaimana hal ini terus terjadi dan betapa sulit untuk mengungkapnya.

Salah satunya, penyanyi Crush. Crush menyayangkan terjadinya kecurangan seperti itu karena akan merugikan musisi yang membuat musik dengan adil dan rajin.

"Saya rasa ini sangat disesalkan bisa terjadi. Saya mengerjakan musik setiap hari dengan rajin," ujar penyanyi yang akan merilis album kedua From Midnight To Sunrise.

Baca juga: Kasus Manipulasi Produce X 101, Lee Dong Wook Angkat Bicara

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Soompi
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com