Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tompi Bicara soal Kesejahteraan Musisi di Usia Senja, Berharap pada Wishnutama

Kompas.com - 25/11/2019, 19:32 WIB
Ira Gita Natalia Sembiring,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis musik Tompi mengatakan bahwa dia dan rekan seprofesinya, Glenn Fredly kerap membicarakan permasalahan kesejahteraan musisi pada usia senja.

Menurut Tompi, hal tersebut adalah permasalahan yang hingga kini belum bisa teratasi.

"Sebenarnya ini problem klasik yang sampai sekarang masih sih dan itu yang saya sama Glenn tiap ngobrol selalu jadi topiknya," kata Tompi saat ditemui di Bloc Space, Jakarta Selatan, Senin (25/11/2019).

Baca juga: Anang Hermansyah Mengaku Gemas Lihat Penampilan Tompi, Loh?

"Jaminan kesehatan musisi, jaminan hari tua musisi, terus bagaimana menjadikan karya-karya musisi ini bisa jadi aset yang ada value uangnya," sambungnya.

Tompi menuturkan, karya-karya para musisi belum bisa menjadi sesuatu yang memiliki nilai jual meski telah menghasilkan keuntungan bagi mereka yang menggunakannya.

"Misalnya Glenn punya lagu nih "Januari", lagunya meledak kan? Semua orang tahu lagu itu. Nah, kalau Glenn datang ke bank bawa lagu itu sebagai jaminan pinjaman, enggak bisa," ucap Tompi.

Baca juga: Tompi: Selamat Berpulang Mas Djaduk Ferianto

"Padahal lagu itu sudah menghasilkan uang puluhan miliar. Artinya punya value kan?" lanjutnya.

Pelantun tembang "Sedari Dulu" itu pun menaruh harapan kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama, untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

"Mudah-mudahan di bawah Pak Wishnutama yang sekarang ada pemikiran menjadikan ini sebagai aset. Dengan demikian musisi punya pegangan. Karyanya terukur dan bisa dijadikan pijakan untuk mencari modal," ujar Tompi.

Baca juga: Djaduk Ferianto Meninggal, Tompi: Minggu Depan Harusnya Tampil di Ngayogjazz

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com