Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Griselda Sastrawinata Rancang Kostum Anna di Frozen 2

Kompas.com - 22/11/2019, 13:31 WIB
Tri Susanto Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Desainer animasi asal Indonesia, Griselda Sastrawinata, kembali terlibat dalam proyek film animasi garapan Disney.

Setelah film animasi Moana, kali ini Griselda terlibat dalam pembuatan visual development artist untuk film Frozen 2.

Griselda mengungkapkan karakter dan bagian-bagian apa saja yang dikerjakannya dalam film arahan sutradara Jennifer Lee dan Chris Buck tersebut.

Baca juga: Akankah Elsa Punya Pasangan? Begini Kata Para Pengisi Suara di Frozen 2

"Di sini saya fokusnya desain kostum. Desain kostum yang pertama buat Anna," kata Griselda saat dijumpai di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Secara khusus, Griselda membuat desain kostum untuk karakter Anna. Sementara rekannya, Brittney Lee, mengerjakan desain kostum karakter Elsa.

"Di Frozen 2 ada dua costume designer, saya dan Britney. Britney bikin semua Elsa, saya bikin semua Anna, yang karakter lainnya kami dibagi," kata Griselda.

Baca juga: Dua Pengisi Suara Frozen II Raih Penghargaan Hollywood Walk of Fame

Griselda mengatakan, ada perbedaan dari segi desain kostum Anna dari film pertamanya yang rilis pada 2013 dengan sekuelnya.

"Anna sudah lebih dewasa dan semakin misterius. Petualangannya juga lebih misterius. Itu yang menjadi alasan saya memberikan warna yang gelap untuk memperlihatkan karakter Anna. Jadi, (Anna) tidak terlihat muda," kata Griselda.

Menurut Griselda, desain kostumnya untuk Anna dibuat selama berbulan-bulan. Inspirasi yang diambil Griselda bersumber dari tiga negara di Eropa. Tidak ada referensi yang diambil Griselda dari budaya di Indonesia.

Baca juga: Review Film Frozen 2: Menguak Misteri dan Jati Diri Elsa

"Saya tidak secara langsung memilih karena Disney sangat respect dalam memilih budaya dalam sebuah film. Untuk Frozen 2 ini, (referensi dari) Finlandia, Islandia, dan Norwegia," kata Griselda.

Frozen 2 mengambil latar tiga tahun setelah film pertama. Elsa (Idina Menzel) diceritakan telah menjadi ratu di Arandelle dan Anna (Kristen Bell) hidup bahagia bersama orang-orang yang ia sayangi.

Namun, kebahagiaan mereka harus terhenti sesaat setelah ada misteri yang terus membuat Elsa merasa terpanggil untuk memecahkannya.

Baca juga: Sinopsis Frozen II yang Tayang Hari Ini, Petualangan Baru yang Tak Terduga

Misteri itu pula yang akhirnya membawa Elsa, Anna, Olaf (Josh Gad), Sven, dan Kristoff (Jonathan Groff) ke sebuah perjalanan besar.

Petualangan itulah yang akan mengungkap kisah di balik para karakter tersebut, terutama Elsa dan kekuatan sihir esnya. Elsa coba mencari jawaban mengapa ia dilahirkan dengan kekuatan tersebut.

Film Frozen 2 sudah tayang di bioskop sejak 20 November 2019.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com