Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Logo Sang Pisang Ditiru, Kaesang Tak Laporkan Pelaku, Apa Alasannya?

Kompas.com - 03/11/2019, 15:56 WIB
Rintan Puspita Sari,
Novianti Setuningsih

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com - Logo produk miliknya ditiru, Kaesang Pangarep pilih untuk memaafkan pelaku dibandingkan melaporkannya pada pihak berwenang. Padahal, hak cipta atas logo Sang Pisang sudah dikantonginya.

Berhati besar, putra bungsu Presiden Joko Widodo ini memilih untuk menegur pelaku. Ia berharap tak ada lagi pelaku serupa.

"Enggak (dilaporin). Buat apa? Kita mengedukasi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah), supaya enggak asal ambil hak cipta orang," kata Kaesang saat ditemui di kawasan M Bloc, Blok M, Jakarta Selatan, Minggu (3/11/2019).

Baca juga: Di Pelantikan Presiden, Gaya Rambut Polem Kaesang Jadi Sorotan

Kaesang juga tak berniat memperpanjang masalah peniruan logo ini lantaran orang yang bersangkutan sudah merespons dengan baik dan telah menurunkan iklan produk pisang yang mirip miliknya.

"Saya bilangin aja, supaya jangan dipakai berjualan. Kalau saya enggak bakal dan enggak akan ngelaporin," ujar adik dari Gibran Rakabuming Raka ini menegaskan.

Dalam akun Twitter miliknya, @kaesangp, pengusaha muda ini juga mengatakan bahwa dia sebenarnya tak masalah jika ada orang yang meniru produknya. Hanya saja, jangan meniru logo, karena logo memiliki hak cipta.

Masalah peniruan ini diketahui dari akun Twitter @askmenfess. Dalam cuitannya, akun tersebut mengatakan ada sebuah akun Facebook dengan nama Wati yang berjualan pisang nugget dengan logo dan penyajian mirip milik Kaesang Pangarep.

"Nemu di timeline Facebook. Menurut kamu gimana soal usaha orang yang jualan tapi niru logo s*ngpisa*ng," tulis akun @askmenfess.

Baca juga: Kaesang Pangarep Main Mobile Legends 8 Jam Sehari demi Sea Games 2019

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com