Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/05/2024, 09:57 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menanam dan merawat tanaman hias di rumah dapat menjadi sebuah pekerjaan yang penuh cinta dan memberikan hasil berlipat ganda. 

Menanam tanaman hias di rumah tidak hanya meningkatkan estetika, tapi juga membersihkan udara, meredakan stres, membuat hidup lebih sehat. 

Baca juga: 6 Tanaman Hias yang Dapat Membawa Kekayaan di Rumah Menurut Feng Shui

Namun, Zahid Adnan, ahli berkebun dan pendiri The Plant Bible--situs menanam berbagai jenis tanaman--mengatakan tanaman hias membawa keindahan dan kehidupan ke dalam ruangan, tapi tidak semua tanaman diciptakan sama dalam hal kemudahan perawatan. 

"Sementara beberapa tanaman hias tumbuh subur dengan sedikit perhatian, tanaman lainnya bisa jadi cukup sulit dirawat, bahkan untuk ahli hortikultura yang berpengalaman sekalipun," ucap Adnan. 

Jadi, menanam dan merawat tanaman hias ini bisa memberikan tantangan. Nyatanya, tanaman hias yang sulit perawatan ini justru populer serta banyak ditanam. 

Dilansir dari Best Life Online, Kamis (24/5/2024), berikut tujuh tanaman hias populer yang sulit dirawat menurut para ahli tanaman. 

Baca juga: 8 Tanaman Hias yang Tumbuh Subur di Apartemen

Pohon ara daun biola 

Ilustrasi tanaman pohon ara biola atau fiddle leaf fig.Shutterstock/Krisda Ilustrasi tanaman pohon ara biola atau fiddle leaf fig.
Banyak orang menyukai pohon ara biola atau leaf fig trees karena daunnya yang lebar, besar, serta berkilau. 

Namun, para ahli tanaman mengatakan tanaman hias yang populer ini sangat sulit dirawat. .

Pohon ara daun biola terkenal rewel. Tanaman ini membutuhkan cahaya terang dan tidak langsung yang konsisten, penyiraman tepat, dan pemupukan  teratur.

'Namun, pohon ara biola rentan terhadap hama, seperti tungau laba-laba, dan sensitif terhadap perubahan lingkungan," kata Adnan.

Sebagai gantinya, Adnan merekomendasikan mencoba tanaman karet yang lebih kokoh:

"Tanaman ini memiliki daya tarik estetika yang serupa, tetapi lebih mudah dimaafkan dalam hal pencahayaan dan kebutuhan air," ucap Adnan. 

Baca juga: 8 Tanaman Hias yang Cocok Diletakkan di Kamar Tidur

Pakis maidenhair 

Selanjutnya, tanaman hias populer yang sulit dirawat adalah pakis maidenhari. Pakis maidenhair dapat menambah tekstur dan keindahan pada taman di dalam ruangan.

Namun, beberapa ahli mengatakan pakis ini cukup sulit untuk dirawat. 

"Pakis maidenhair dikenal dengan daunnya yang halus dan berenda, tetapi sangat sensitif terhadap perubahan kelembapan dan suhu," jelas Adnan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com