Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Memilih Warna Cat Hijau agar Hasilnya Tak Mengecewakan

Kompas.com - 24/05/2023, 21:26 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Houzz

JAKARTA, KOMPAS.com - Warna hijau adalah salah satu warna cat populer yang banyak dipilih masyarakat Indonesia, baik untuk interior maupun eksterior rumah. Hijau dianggap sebagai warna yang merepresentasikan alam dan ketenangan.

Dikutip dari Houzz, Rabu (24/5/2023), sering disebut sebagai warna alam yang netral, hijau mungkin merupakan warna yang paling beragam. Karena kita melihat begitu banyak warna hijau di luar ruangan, itu adalah warna yang nyaman bagi kebanyakan orang di rumah.

Namun, tergantung pada jenis warna hijau, kita dapat memiliki dua reaksi yang sangat berbeda. Hijau murni dan hijau kebiruan cenderung menyegarkan dan menyejukkan bagi kebanyakan orang.

Baca juga: 5 Warna Gorden yang Cocok Dikombinasikan dengan Dinding Hijau

Ilustrasi ruang tamu dengan nuansa warna hijau.SHUTTERSTOCK/GROUND PICTURE Ilustrasi ruang tamu dengan nuansa warna hijau.

Di sisi lain, hijau kuning yang lebih hangat bisa meresahkan sebagian orang. Memilih jenis warna hijau yang tepat bisa menjadi tantangan.

Berikut beberapa tips memilih warna cat hijau untuk rumah agar hasilnya tidak mengecewakan.

1. Ambil inspirasi dari alam

Di alam, hijau sangat cocok dipadukan dengan warna-warna cerah. Ini terbukti saat kita melihat bunga di taman, misalnya mawar merah, tulip merah muda, eceng gondok ungu.

Anda dapat menciptakan nuansa yang sama di rumah dengan memilih warna dinding hijau yang mewakili dedaunan tanaman atau daun pohon. Kemudian tambahkan aksesori dengan warna cerah dan menyenangkan.

Baca juga: 5 Warna Dapur yang Menenangkan, Hijau hingga Warna Netral

2. Hijau kekuningan untuk nuansa kontemporer

Hijau kuning atau hijau dengan nuansa kuning hangat telah menjadi sangat populer dalam beberapa tahun terakhir. Warna-warna seperti hijau wasabi, hijau kekuning-kuningan, dan acid yellow telah menjadi warna pilihan untuk ruang kontemporer, serta kamar tidur anak-anak dan remaja.

Nuansa hijau kuning yang lebih dalam hidup dan menarik perhatian, tetapi bisa tidak tepat untuk ruangan. Jadi, sebaiknya seimbangkan warna ini dengan menggunakan warna putih, hitam, atau abu-abu.

Halaman:
Sumber Houzz
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com