Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/04/2023, 18:59 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman hias gantung dapat menjadi pilihan untuk Anda yang ingin merawat tanaman hias dengan ruang terbatas.

Tanaman hias gantung akan menghadirkan suasana asri dalam ruangan. Ada berbagai pilihan tanaman hias gantung yang bisa digunakan untuk mendekorasi ruangan dan tanaman ini mudah dirawat. 

Dilansir dari Apartment Theraphy, Kamis (13/4/2023), berikut lima tanaman hias gantung yang mudah dirawat.

Baca juga: Mau Meletakkan Tanaman Hias Gantung di Dalam Rumah? Ini Panduannya

Baby's tears

Anda sering melihat Baby's tears di terrarium karena daunnya yang kecil dan lembut serta kecenderungannya untuk tumbuh rendah. Tanaman ini tumbuh menyebar dengan cepat.

Tanaman merambat yang menjalar di tepi pot dan tampilan dedaunannya memberikan daya tarik tersendiri.

Tanaman ini lebih menyukai kondisi yang lembap, cobalah menanamnya di kamar mandi jika Anda memiliki ruang dan cahaya alami.

Baca juga: 5 Tanaman Kecil yang Cocok di Ruang Terbatas

Burro's tail

Burro's tail adalah sukulen dengan batang daun berdaging yang menggantung dalam kepang panjang di tepi pot, menjadikannya kandidat yang sangat baik untuk tanaman gantung.

Tanaman ini menyukai udara panas dan kering yang cenderung terkumpul di dekat plafon. Berikan tempat yang mendapat banyak sinar matahari dan tanaman akan menoleransi periode kekeringan, terlalu banyak kelembapan dapat membusukkan akarnya.

Baca juga: 7 Tanaman Sukulen Ini Mudah Dirawat di Dalam Ruangan

Spider plant

Ilustrasi tanaman hias spider plant atau lili paris di pot gantung. SHUTTERSTOCK/ELLINNUR BAKARUDIN Ilustrasi tanaman hias spider plant atau lili paris di pot gantung.
Spider plant atau tanaman laba-laba sangat cocok untuk pot gantung. Tanaman ini memiliki daun panjang dan ramping yang secara alami terkulai di sisi pot.

Tanaman laba-laba indah dipandang, tapi tidak membutuhkan banyak perhatian. Gantunglah di tempat yang terkena sinar matahari dan beri air sekali atau dua kali seminggu.

Baca juga: Lokasi Meletakkan Tanaman Laba-laba di Rumah Berdasarkan Feng Shui

English Ivy

English ivy merupakan pilihan bagus untuk tanaman hias gantung. Tanaman ini membutuhkan cahaya yang terang.nCahaya tidak langsung adalah yang terbaik.

English ivy menyukai kelembapan. Tanamlah English ivy di tanah yang memiliki drainase baik, pastikan tanahnya kering saat disentuh sebelum disiram.

Baca juga: Kenalan dengan English Ivy, Tanaman Rambat yang Bisa Hidup di Pot

Arrowhead plant

Arrowhead plant memiliki daun besar berbentuk hati yang akan menarik perhatian. Seperti banyak tanaman yang tumbuh baik di pot gantung, Arrowhead plant adalah tanaman merambat yang menjalar di tepi pot.

Anda bahkan bisa mencoba melilitkan batangnya yang menjalar di sepanjang tepi rak buku atau bagian atas jendela untuk menciptakan suasana hutan dalam ruangan.

Tanaman ini menyukai kelembapan, semprotkan kabut setiap hari atau gantung di kamar mandi. Pastikan menjauhkan tanaman hias ini dari sinar matahari langsung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com