Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Cara Membersihkan Layar TV yang Benar agar Tak Tergores

Kompas.com - 07/04/2023, 12:26 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Televisi atau TV adalah sarana hiburan penting di rumah. Namun demikian, Anda harus menjaga kebersihan layar TV, karena kegiatan Anda bersantai dengan menonton TV bisa terganggu jika layar TV dalam keadaan kotor.

Sangat penting mengetahui cara membersihkan layar TV. Secara rinci, dikutip dari The Pioneer Woman, Jumat (7/4/2023), sangat penting untuk mengetahui cara merawat televisi berteknologi maju dengan benar seperti LCD (liquid crystal display) dan TV OLED (organic light-emitting diode), yang jauh lebih sensitif daripada TV tabung jadul.

Bahkan TV plasma memiliki lapisan antisilau halus yang perlu dirawat dengan sarung tangan anak. TV perlu dibersihkan dengan benar agar awet bertahun-tahun yang akan datang.

Baca juga: 5 Penyebab Warna pada Layar TV LED Berubah atau Tidak Normal

Ilustrasi membersihkan TV.Shutterstock/Daniel Jedzura Ilustrasi membersihkan TV.

Cara membersihkan layar TV datar

Menurut Paulo Filho, pemilik Celestial Cleaning Service yang berbasis di San Francisco, California, dengan mengikuti teknik pembersihan yang tepat dan menghindari kesalahan umum, Anda dapat membuat layar TV terlihat seperti baru di tahun-tahun mendatang.

Kesalahan tersebut termasuk larangan seperti menggunakan bahan abrasif, seperti tisu dapur atau kain kasar di layar TV, menerapkan terlalu banyak tekanan saat mengelapnya, menyemprotkan larutan pembersih langsung ke layar, serta menggunakan bahan kimia keras atau pembersih yang tidak dirancang khusus untuk elektronik.

Anda juga harus memastikan bahwa Anda terus membersihkan layar TV daripada membiarkan kotoran menumpuk di atasnya.

Frekuensi pembersihan TV bergantung pada beberapa faktor, termasuk seberapa sering TV digunakan, lingkungan tempat TV berada, dan keberadaan hewan peliharaan atau perokok.

Baca juga: Soundbar Vs Surround Sound pada TV, Mana yang Lebih Baik?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com