BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Polytron

Mengenal Bagian Penyimpanan di Kulkas dan Fungsinya

Kompas.com - 30/03/2023, 19:03 WIB
Siti Sahana Aqesya,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Bagi ibu rumah tangga, kulkas sudah bukan merupakan peralatan elektronik asing lagi. Kulkas menjadi solusi penyimpanan segala jenis bahan makanan agar tahan lama.

Untuk makanan mentah, seperti daging dan frozen food, ibu rumah tangga bisa memanfaatkan bagian freezer di kulkas. Sementara untuk buah, sayur, serta bahan dan bumbu makanan lain bisa disimpan di bagian chiller.

Bagian kulkas sendiri ternyata tidak hanya freezer dan chiller, lho. Kulkas juga punya bagian-bagian lain yang bila dimanfaatkan secara maksimal, bisa membuat bahan makanan dan minuman lebih awet.

Lantas, apa saja bagian penyimpanan yang ada di kulkas dan apa pula fungsinya? Simak penjelasan berikut.

1. Freezer

Freezer adalah bagian kulkas yang paling dingin. Freezer terpisah dengan bagian lain kulkas dan biasanya terletak di bagian atas. Seperti telah disinggung, bagian kulkas ini berfungsi untuk membekukan daging mentah serta frozen food.

Diberitakan Kompas.com, Sabtu (17/12/2022), Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (AS) merekomendasikan suhu minus 17 derajat Celcius sebagai temperatur ideal freezer guna menjaga kualitas kandungan makanan.

Untuk kulkas dua pintu, bagian freezer biasanya memiliki dua rak penyimpanan. Gunakan rak bagian atas untuk menyimpan frozen food dan bagian bawah untuk daging mentah. Cara ini bisa mengurangi risiko kontaminasi tetesan darah yang biasanya masih mengalir dari daging mentah agar tidak menetes ke frozen food.

Freezer pada kulkas dua pintu juga memiliki rak pada pintunya. Pada bagian ini, bisa Anda bisa meletakkan bahan makanan yang akan segera dimasak atau makanan beku lain dengan masa kedaluwarsa yang lama.

Baca juga: Berapa Lama Daging Beku Bisa Disimpan di Freezer?

2. Refrigerator

Di bawah freezer, terdapat refrigerator. Pada kulkas dua pintu, bagian ini terletak di pintu kedua.

Refrigerator memiliki ruang penyimpanan yang lebih luas ketimbang freezer dan dilengkapi dengan sejumlah rak. Suhu pada refrigerator tidak sedingin freezer sehingga bisa berfungsi sebagai pendingin bahan makanan, selain daging dan frozen food, serta minuman.

Pada refrigerator, Anda bisa meletakkan sejumlah makanan dengan masa kedaluwarsa cepat yang siap disantap, seperti produk susu dan turunannya.

Anda juga bisa meletakkan bahan masakan, seperti sayur, bumbu, atau food preparation yang akan segera dimasak. Selain itu, sisa makanan matang bisa pula disimpan di sini. Hanya saja, sisa makanan matang harus disimpan di wadah antibocor. Jangan pula simpan makanan matang yang masih panas.

Hal lain yang perlu diperhatikan, hindari membuat rak refrigerator penuh agar fungsinya bisa dimaksimalkan.

Agar tetap higienis, letakkan makanan sisa dan makanan siap santap di bagian paling atas refrigerator. Lalu, taruh food preparation pada bagian tengah refrigerator. Sementara itu, pada bagian bawah, Anda bisa meletakkan produk-produk yang berukuran besar, seperti susu.

3. Chiller

Di dalam refrigerator, terdapat rak tertutup di bagian bawah yang disebut chiller. Chiller memiliki tingkat kelembapan lebih rendah ketimbang refrigerator. Oleh karena itu, bagian ini cocok untuk menyimpan buah dan sayur agar tetap segar.

Agar lebih tahan lama, simpan buah dan sayur dalam wadah yang dilapisi dengan kertas atau tisu saat dimasukkan ke dalam chiller. Sebab, setiap hari, buah dan sayur akan melepaskan air yang membuatnya lembap dan cepat busuk.

Baca juga: 5 Cara Menyimpan Sayuran di Kulkas agar Segar Lebih Lama

4. Rak pintu

Bagian penting lain yang ada dalam kulkas adalah rak pintu refrigerator. Meskipun berada pada refrigerator, bagian ini memiliki fungsi yang berbeda. Perlu diketahui, rak pintu merupakan bagian paling hangat pada kulkas. Sebab, rak pintu kerap dibuka tutup sehingga suhunya berubah-ubah.

Karena perubahan suhu tersebut, rak pintu kulkas tidak efektif untuk menyimpan bahan-bahan yang memiliki masa kedaluwarsa singkat, seperti susu. Sebaliknya, bagian ini efektif digunakan sebagai pendingin makanan dan minuman kemasan yang masa kedaluwarsanya lama, seperti jus, selai, dan minuman soda.

Itulah penjelasan terkait bagian-bagian kulkas dan fungsinya. Yuk, tata isi kulkas sesuai dengan fungsinya. Cek juga kondisi kulkas agar penyimpanan bahan makanan bisa maksimal

Apabila kulkas di rumah sudah butuh diperbarui, Anda bisa beralih ke Belleza Jumbo PRW 29MNX, produk kulkas dari jenama teknologi Polytron.

Kulkas 2 pintu Belleza Jumbo PRW 29MNX memiliki rak berkapasitas jumbo, yakni 58 cm. Daya tampung kulkas pun cukup besar, yakni 260 liter. Tidak hanya itu, dengan rak yang adjustable ini dapat dipindahkan sesuai kebutuhan kita.

Perangkat tersebut juga memiliki ice twist tray yang bisa dilepas dan dipindahkan. Jadi, pengaturan freezer pun bisa lebih leluasa.

Seperti kulkas unggulan Polytron lain, Belleza Jumbo PRW 29MNX juga memiliki teknologi deodorizer. Teknologi ini bisa menyerap dan menetralkan bau tidak sedap yang keluar dari bahan makanan di kulkas.

Kulkas 2 pintu Belleza Jumbo dari Polytron. Kulkas 2 pintu Belleza Jumbo dari Polytron.

Dari segi desain, pintu kulkas tersebut dilapisi dengan tempered glass sehingga memberikan kesan elegan. Kulkas ini tersedia dalam dua warna, yakni hitam dan merah.

Pada setiap pembelian, Anda bisa mendapatkan garansi selama 5 tahun.

Untuk mengetahui informasi lebih lengkap terkait Belleza Jumbo PRW 29MNX , silakan kunjungi laman resmi Polytron dan official store Polytron di e-commerce kesayangan Anda.


Komentar
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com