Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Salah, Ini 4 Perbedaan Kucing Bombay dan Kucing Hitam

Kompas.com - 23/03/2023, 07:15 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber AZ Animals

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing Bombay dan kucing hitam memiliki tampilan yang sangat mirip sehingga sulit membedakan keduanya.

Meski begitu, ada beberapa perbedaan jelas antara kedua kucing peliharaan ini setelah Anda mengenalnya. 

Baca juga: 5 Perbedaan Kucing Jantan dan Betina, Mana yang Terbaik Dipelihara?

Berdasarkan genetika saja, kucing hitam hanya menggambarkan semua ras kucing yang memiliki bulu berwarna hitam. Ini bisa datang dari ras kucing apa saja seperti Persia dan Munchkin. 

Kucing Bombay adalah hasil persilangan khusus antara kucing Burma dan kucing American shorthair. Selain itu, masih banyak perbedaan kucing Bombay dan kucing hitam yang belum diketahui banyak orang.

Untuk mengetahui, lebih dalam, berikut sejumlah perbedaan kucing Bombay dan kucing hitam dikutip dari AZ Animals, Kamis (23/3/2023). 

Baca juga: 8 Macam Suara Kucing dan Artinya

Mata

Ilustrasi kucing hitam dari ras Persia.Shutterstock/Alena Stalmashonak Ilustrasi kucing hitam dari ras Persia.
Fitur utama yang membedakan kucing Bombay dan kucing hitam adalah mata mereka. Kucing Bombay dikembangbiakkan untuk mata emas atau tembaga, warna unik yang juga dimiliki beberapa kucing hitam.

Kucing Bombay harus memiliki mata tembaga ini untuk dianggap sebagai kucing Bombay sejati karena tdak ada kucing Bombay yang memiliki mata berwarna lain.

Kucing hitam dapat memiliki mata berwarna biru, hijau, coklat, atau keemasan dan mata lebih kecil. 

Kucing Bombay memiliki mata lebih besar dan dapat mengalami lebih banyak kesulitan kesehatan karena ukuran mata tersebut. Namun, hal ini merupakan perbedaan kucing Bombay dan kucing hitam yang utama.  

Baca juga: Kapan Harus Memisahkan Anak Kucing dari Induknya?

Bentuk tubuh dan bulu 

Kucing Bombay dibesarkan dengan bentuk tubuh seperti macan kumbang sehingga tubuhnya ringkas dan berotot.

Sebagian besar kucing hitam memiliki tubuh lebih panjang dan ramping. Ini adalah ciri lain yang dapat menyebabkan kucing Bombay memiliki lebih banyak masalah kesehatan daripada kucing hitam pada umumnya.

Kucing Bombay juga memiliki bulu sangat berbeda dibanding kucing hitam pada umumnya. Kucing hitam dapat memiliki bulu yang panjang atau pendek dengan berbagai tingkat kemilau, sedangkan kucing Bombay hanya memiliki bulu hitam pendek dengan kilau seperti beludru.

Kucing Bombay juga berwarna hitam di seluruh tubuhnya. Hidung dan bantalan kaki mereka juga berwarna hitam, sebuah fitur yang tidak dimiliki kucing hitam lainnya. 

Baca juga: Bisakah Induk Kucing Merasa Kehilangan dan Merindukan Anaknya?

Fitur wajah

Ilustrasi kucing Bombay.Shutterstock/Viktor Sergeevich Ilustrasi kucing Bombay.
Selanjutnya, perbedaan kucing Bombay dan kucing hitam adalah fitur wajah mereka. Kucing Bombay secara khusus dikembangbiakkan untuk memiliki mata lebih besar dan hidung lebih pendek daripada kucing hitam pada umumnya.

Meski hal ini dapat menyebabkan lebih banyak masalah kesehatan pada kucing Bombay, ini adalah perbedaan kucing Bombay dan kucing hitam yang dapat diamati jelas. 

Halaman:
Sumber AZ Animals
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com