Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Posisi Terbaik Meletakkan Gazebo di Halaman Belakang Rumah

Kompas.com - 14/03/2023, 21:19 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gazebo dapat meningkatkan kenikmatan bersantai di halaman belakang ke tingkat yang lebih tenang dan baru. 

Gazebo berguna dimiliki di taman untuk menjamu tamu atau sekadar bersantai di luar ruangan sambil dikelilingi berbagai tanaman. 

Baca juga: Gazebo dan Pergola, Apa Perbedaan Keduanya?

Jika berencana menambahkan gazebo ke ruang terbuka, penting memutuskan penempatan yang ideal. Namun, tidak ada solusi universal untuk masalah penempatan gazebo karena tidak semua halaman belakang atau taman dibangun dengan cara sama.

Untuk membantu Anda, berikut posisi meletakkan gazebo di halaman belakang rumah dikutip dari Rhythm of the Home, Selasa (14/3/2023).

Di ujung jalan

Ilustrasi gazebo.Shutterstock/Milosz Maslanka Ilustrasi gazebo.
Gazebo dapat memperluas ruang yang tersedia di halaman belakang dan berfungsi sebagai tempat perlindungan kecil yang indah di taman.

Saat menentukan tempat yang baik untuk menempatkan gazebo, sangat disarankan  memperhatikan fitur-fitur yang ada di area luar ruangan untuk memadukan struktur dengan lingkungan sekitar.

Solusi bagus adalah merencanakan gazebo sebagai titik akhir dari jalur taman. Hal ini akan menambah kesan mempesona dan nyaman yang membuat para tamu merasa seolah-olah tertarik ke gazebo melalui jalan setapak. 

Baca juga: 6 Cara Membuat Patio yang Nyaman dan Menyenangkan untuk Berkumpul

Di atas dek

Jika sudah memiliki dek yang indah di halaman belakang, ini bisa menjadi posisi meletakkan gazebo di halaman belakang rumah dan solusi cerdas memperluas potensi hiburan. 

Strukturnya bisa menjadi titik fokus yang tepat dan menarik lebih banyak perhatian ke dek bergaya. Memiliki gazebo di dek juga nyaman jika cuaca berubah menjadi buruk.

Anda masih bisa menikmati waktu di luar ruangan sambil terlindung dari hujan berkat atap gazebo. Pastikan memilih bahan gazebo yang sesuai dengan konstruksi dek untuk gaya desain yang lebih kohesif. 

Baca juga: Tips untuk Melindungi Patio dan Furnitur Luar Ruangan

Di samping fitur air

Apakah Anda memiliki air mancur, kolam, atau kolam renang, fitur air apa pun dapat terlihat lebih menarik ketika membawa gazebo di dekatnya.

Sementara ide penempatan lainnya berfokus pada menjadikan gazebo sebagai titik fokus taman, solusi ini bekerja lebih baik jika Anda lebih memilih pendekatan berbeda.

Gazebo dapat diintegrasikan dengan rapi dengan fitur air yang ada sambil memungkinkan Anda menikmati pemandangan sekitar.

Selain itu, beberapa gazebo dapat dikonfigurasikan dengan pagar yang dapat dilepas untuk terjun langsung ke kolam renang jika diinginkan. 

Baca juga: 3 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Memasang Patio di Rumah

Bagian tengah halaman yang luas 

Ilustrasi gazebo.Shutterstock/CEW Ilustrasi gazebo.
Selanjutnya, posisi meletakkan gazebo di halaman belakang rumah adalah di bagian tengah. Ini menjadi ide bagus, tetapi Anda perlu mempertimbangkan dimensi keseluruhan area.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com