Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari, Ini 5 Kesalahan yang Dilakukan Saat Membersihkan Oven

Kompas.com - 02/03/2023, 21:05 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Oven merupakan salah satu perlatan yang paling sering digunakan di rumah. Terlepas dari frekuensi penggunaannya, oven perlu dibersihkan secara menyeluruh secara rutin. Menjaga kebersihan alat dapur ini penting untuk kesehatan keluarga.

Dilansir dari Merry Maids, Kamis (3/2/2023), oven perlu dibersihkan secara menyeluruh setidaknya sebulan sekali untuk menjaganya tetap bersih dan awet. 

Namun, perawatan yang tidak tepat dapat membuat oven cepat rusak. Untuk menghindari hal tersebut, berikut lima kesalahan membersihkan oven yang perlu dihindari.

Baca juga: Simak, Ini 8 Cara Alami Membersihkan Oven

Membersihkan oven dengan bahan kimia keras

Ilustrasi oven.Shutterstock/Africa Studio Ilustrasi oven.
Hindari pembersih kimiawi, cobalah produk yang lebih alami dan dapat ditemukan di dapur. Selain lebih murah, bahan-bahan tersebut tentunya lebih aman. Beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk membersihkan oven adalah baking soda, sari lemon, dan air. 

Terlalu mengandalkan fitur self-cleaning

Fitur self-cleaning mungkin dapat menghemat waktu. Namun, jika menggunakan fitur ini setelah setiap terjadi tumpahan, ini dapat berdampak negatif pada sekering termal dan merusak elemen pemanas internal.

Baca juga: Cara Membersihkan Bagian Dalam Dutch Oven yang Gosong

Tidak membersihkan bagian belakang oven

Tumpahan saat memasak sulit dihindari. Karena itu, pembersihan penting dilakukan. Saat membersihkan oven, jangan lupa membersihkan bagian belakang oven. Bagian belakang dapat menyimpan kotoran, debu, bahkan sisa makanan.

Tidak merendam dan membersihkan rak

Oven dilengkapi dengan rak-rak yang dapat dilepas. Jangan lupa membersihkan bagian ini. Sisa makanan dapat merusak lapisan pelindung pada rak sehingga menyebabkan karat. Saat membersihkan oven, rendam rak agar lebih mudah dibersihkan.

Baca juga: 7 Cara Mencegah Kebakaran yang Berasal dari Oven dan Kompor

Tidak mencari tahu metode pembersihan terbaik

Oven dapat berbeda satu dengan yang lain sehingga memiliki cara perawatan yang berbeda pula. Cari tahu perawatan terbaik untuk untuk oven.

Mulailah membaca buku petunjuk untuk metode pembersihan yang tepat untuk menghindari kerusakan yang tidak dapat diperbaiki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com