Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/02/2023, 21:12 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Cuteness

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak cara yang disukai kucing untuk duduk. Mulai dari, berbaring, meringkuk seperti roti tawar, atau duduk tegak seperti kucing bangsawan saat melihat pemiliknya. 

Melihat kucing duduk tegak seperti manusia tentu saja membuat lucu serta terkejut. Tulang belakang kucing bertumpu pada sesuatu, seperti bagian belakang sofa, kaki belakang terentang, dan cakar depan di sisi tubuh atau perut mereka yang sangat terbuka. 

Baca juga: Perbedaan Kucing Ragdoll Vs Persia, Jangan Keliru

Lantas, apa yang membuat kucing duduk seperti manusia

Dikutip dari Cuteness, Minggu (26/2/2023), berikut sejumlah alasan kucing duduk seperti manusia. 

Kucing meniru perilaku manusia

Ilustrasi kucing duduk seperti manusia.Shutterstock/zossia Ilustrasi kucing duduk seperti manusia.
Ternyata ada beberapa alasan kucing duduk seperti manusia kecil. Percaya atau tidak, kucing peliharaan meniru beberapa perilaku dari pemilik atau keluarga manusianya, baik perilaku bagus maupun buruk. 

Penelitian menemukan kucing yang hidup berdekatan dengan manusia akan beradaptasi dengan mengambil aktivitas mereka.

Kucing akan meniru pola makan, tidur, dan aktivitas manusia. Itulah mengapa kucing  mungkin duduk-duduk dengan penampilan yang sangat mirip dengan Anda. 

Baca juga: Tak Selalu Bermusuhan, 7 Ras Kucing Ini Akur dengan Anjing

Menunjukkan kepercayaan mereka

Selanjutnya, alasan kucing duduk seperti manusia adalah menunjukkan kepercayaan mereka. Kucing mungkin melipat tubuhnya ke posisi yang memperlihatkan perutnya untuk menunjukkan bahwa ia sangat mempercayai dan mencintai Anda.

Kucing yang menunjukkan perutnya kepada Anda adalah salah satu tindakan rentan yang dilakukannya di sekitar Anda. Ini menunjukkan kucing percaya bahwa Anda tidak akan menyakiti perutnya yang lembut.

Namun, hal ini tidak secara otomatis berarti bahwa Anda harus mengusap perutnya. Tindakan kepercayaan ini mungkin tidak berarti kucing peliharan ingin dipeluk sama sekali, mungkin saja menunjukkan bahwa sahabat bulu mempercayai Anda.

Bersikaplah sopan dan jangan terlalu kasar saat mengusap perutnya jika kucing peliharaan terlihat ingin dipeluk. Jika kucing sama sekali tidak suka perutnya disentuh, berikan cakaran di bawah dagu untuk menunjukkan rasa sayang Anda. 

Baca juga: Kenapa Kucing Berguling-guling Setelah Kawin? Ini Penyebabnya

Pendinginan dan perawatan

Ilustrasi kucing duduk seperti manusia.Shutterstock/zossia Ilustrasi kucing duduk seperti manusia.
Anda mungkin memperhatikan bahwa kucing terus-menerus melakukan grooming. Karena kucing tidak bisa berkeringat seperti manusia, grooming digunakan sebagai cara  mendinginkan diri.

Ini adalah cara baik bagi kucing untuk mengangin-anginkan perutnya. Duduk seperti Anda dapat membantu mendinginkan kucing peliharaan yang kepanasan, jadi beri mereka ruang untuk mendinginkan diri.

Posisi duduk juga membuat kucing mudah menjangkau perutnya. Posisi ini terlihat seperti duduk manusia, padahal sebenarnya pmemberi kucing akses perut yang mudah untuk dibersihkan karena kucing jauh lebih fleksibel daripada kita. 

Baca juga: 5 Penyebab Kucing Kencing Sembarangan di Dalam Rumah

Kenyamanan

Posisi duduk merupakan pose nyaman yang membantu kucing merasa rileks dan meregangkan anggota tubuh mereka. Hal ini yang membuat kucing duduk seperti manusia. 

Ketika berada dalam posisi ini, hal terbaik adalah membiarkan kucing tetap nyaman dan meregang, kecuali jika mereka dengan jelas meminta perhatian Anda.

Anda tentu tidak ingin seseorang mengganggu Anda di tengah-tengah peregangan setelah berolahraga. Bagi seekor kucing, posisi duduk bisa menjadi pose sempurna untuk meregangkan tulang belakangnya setelah mengejar mainan favoritnya selama satu jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Cuteness
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com