Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menggunakan Air Rebusan Sayuran untuk Menyuburkan Tanaman

Kompas.com - 14/02/2023, 08:40 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika Anda mengoleksi tanaman hias, Anda tentu ingin agar tanaman tetap hidup dan sehat. Akan tetapi, seringkali merawat tanaman hias menjadi hal yang sulit dilakukan.

Jangan khawatir, ada cara meningkatkan kesehatan tanaman hias dengan mudah, yakni dengan air rebusan sayuran atau pasta.

Dikutip dari House Beautiful, Selasa (14/2/2023), menurut Hayley Baddiley, direktur pemasaran global Denby, memberikan air rebusan sayuran atau pasta ke tanaman dapat membantu meningkatkan kilau daun, terutama daun tanaman layu.

Baca juga: Menyiram Tanaman dari Bawah Pot, Efektifkah?

 

Ilustrasi merebus pasta, merebus spageti. Air rebusan pasta dapat digunakan sebagai sumber nutrisi tanaman. PIXABAY/SGRUNDEN Ilustrasi merebus pasta, merebus spageti. Air rebusan pasta dapat digunakan sebagai sumber nutrisi tanaman.

Selain mudah diperoleh, dan hemat biaya, air rebusan sayuran dan pasta memberi tanaman periode pertumbuhan yang lebih stabil.

Ada banyak alasan untuk tidak membuang air yang kita gunakan selama memasak.

Tidak hanya lebih berkelanjutan untuk menggunakannya kembali di mana pun Anda bisa, tetapi hal itu memungkinkan Anda memanfaatkan vitamin yang telah diserap air, tutur Baddiley.

Cara menggunakan air rebusan sayuran untuk tanaman

Setelah Anda selesai merebus sayuran, telur, atau pasta, simpan airnya dan sisihkan hingga dingin.

Baca juga: Air Keran Vs Air Hujan, Mana yang Lebih Baik untuk Menyiram Tanaman?

Vitamin dalam air rebusan sayuran akan membuat tanaman tetap bergizi dan bahkan pati dari pasta dan air kentang akan memberi mereka nutrisi yang mereka butuhkan, terang Baddiley.

Setelah air mendingin, siramkan pada tanaman hias Anda. Rata-rata tanaman membutuhkan sekitar satu sendok makan air per hari, jadi berhati-hatilah agar tidak berlebihan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com