Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/02/2023, 12:22 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Cuteness

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengajak anjing jalan-jalan memberikan sejumlah manfaat, baik fisik maupun mental.

Anjing menjadi lebih sehat dan kuat, mengurangi risiko penyakit, membantu menjaga berat badannya tetap terkendali, mengusir rasa bosan dan stres, serta mencegah sahabat bulu berperilaku merusak atau desktruktif.  

Baca juga: 5 Bahaya yang Harus Diwaspadai Saat Mengajak Anjing Berjalan di Luar

Sebagian besar anjing suka diajak berjalan-jalan. Namun, jika memperhatikan anjing peliharaan duduk saat berjalan-jalan, ini bisa menjadi indikasi adanya masalah, dari kesehatan hingga kenyamanan. 

Nah, dilansir dari Cuteness, Selasa (7/2/2023), berikut beberapa penyebab anjing tidak mau diajak jalan-jalan.

Merasa bosan

Ilustrasi anjing, ilustrasi mengajak anjing jalan-jalan ke mal, Ilustrasi gathering anjing peliharaan.Shutterstock/heychli Ilustrasi anjing, ilustrasi mengajak anjing jalan-jalan ke mal, Ilustrasi gathering anjing peliharaan.
Berjalan-jalan tidak hanya memberikan anjing peliharaan latihan fisik, tetapi juga stimulasi mental. Namun, saat anjing mulai duduk saat berjalan-jalan, ini bisa karena merasa bosan dengan rute yang dilalui.

Cobalah memvariasikan kegiatan berjalan-jalan harian Anda dengan mengambil rute berbeda. Berhentilah dan sapa orang lain yang juga sedang mengajak anjing mereka berjalan-jalan. 

Pergilah ke taman anjing agar sahabat bulu dapat bersosialisasi dengan anjing lain saat berjalan-jalan. Bisa pula tururt mengajak anjing teman atau kerabat berjalan-jalan dengan anjing Anda. 

Baca juga: 5 Suara Anjing dan Artinya, dari Menggonggong hingga Mengerang

Cemas

Perasaan cemas atau takut bisa menjadi penyebab anjing tidak mau diajak jalan-jalan. Tanda-tanda anjing merasa cemas saat berjalan-jalan. 

Mulai dari, berjalan dengan pola zig-zag, tidak mau menerima camilan, sering berbalik untuk memeriksa sesuatu, dikejutkan suara-suara, berusaha melepaskan diri dari kalungnya, menarik untuk pulang ke rumah, kedinginan, menolak berjalan ke depan dengan tali penuntun, hingga terus-menerus memindai lingkungan.

Lakukan beberapa hal untuk membantu anjing peliharaan seperti berjalan-jalan singkat di dekat rumah, berjalan di rute yang sama setiap hari sampai anjing merasa nyaman, serta berjalan lebih jauh secara bertahap dan menjelajahi jalan-jalan baru.

Cari tahu apa yang membuat anjing takut dan coba menghindari pemicu tersebut. Jika anjing peliharaan takut dengan lalu lintas, misalnya, cobalah berjalan-jalan saat lalu lintas di jalan tidak terlalu padat.

Sebagai alternatif, berusahalah menghilangkan kepekaan dan mengondisikan anjing terhadap pemicunya. Selalu puji anjing saat ia memutuskan menyelidiki sesuatu yang ia takuti. 

Baca juga: 3 Alasan Anjing Suka Mengendus Saat Berjalan-jalan

Kelelahan 

Ilustrasi anjing, ilustrasi harness anjing, ilustrasi mengajak anjing jalan-jalan, ilustrasi anjing jalan-jalan.SHUTTERSTOCK / Eric Isselee Ilustrasi anjing, ilustrasi harness anjing, ilustrasi mengajak anjing jalan-jalan, ilustrasi anjing jalan-jalan.
Kelelahan juga menjadi penyebab anjing tidak mau diajak jalan-jalan. Lakukan riset dan konsultasikan dengan dokter hewan tentang kebutuhan olahraga khusus ras anjing Anda.

Ras anjing berenergi tinggi, seperti Border collie dan Siberian husky, dapat berjalan-jalan lebih lama daripada ras berenergi rendah, seperti France bulldog dan Shih tzu.

Terlalu sedikit berolahraga sama buruknya dengan terlalu banyak berolahraga, jadi penting  mengetahui kebutuhan aktivitas fisik anjing peliharaan. 

Baca juga: 3 Penyebab Anjing Tidak Mau Makan dan Cara Mengatasinya

Halaman:
Sumber Cuteness
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com