Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Fakta Menarik Tahun Baru Imlek, dari Hal Takhayul dan Pacar Sewaan

Kompas.com - 21/01/2023, 09:50 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun Baru Imlek merupakan perayaan penting bagi orang Tionghoa. Perayaan yang akan dirayakan besok, 22 Januari 2023, ini adalah menjadi waktu yang ditunggu-tunggu masyarakat Tionghoa di seluruh dunia, termasuk Indonesia. 

Setidaknya, lebih dari 20 persen total populasi dunia akan merayakan Tahun Baru Imlek. Namun, Imlek dirayakan dan dimaknai berbeda di seluruh dunia. 

Baca juga: 8 Dekorasi Imlek untuk Mendatangkan Keberuntungan di Rumah

Misalnya, beberapa orang yang merayakan Imlek menyebutnya sebagai Festival Musim Semi, yang merepresentasikan rentang waktu yang menandakan perkembangan kalender lunisolar Tiongkok. Sementara yang lain lebih mengenalnya dengan sebutan Tahun Baru Imlek. 

Tak heran, masyarakat Tionghoa di berbagai negara akan membawa beberapa tradisi mereka sendiri saat perayaan Imlek berlangsung.

Tak hanya itu, Tahun Baru Imlek juga memiliki sejumlah fakta menarik yang bakal membuat kagum dan terkejut ketika mengetahui. 

Dikutip dari Mental Floss, Sabtu (21/1/2023), berikut sejumlah fakta menarik Tahun Baru Imlek

Baca juga: 5 Ide Mendekorasi Rumah untuk Menyambut Tahun Baru Imlek

Imlek awalnya dimaksudkan untuk menakuti monster 

Ilustrasi lampion merah yang merupakan dekorasi khas Tahun Baru Imlek. SHUTTERSTOCK/TOM BLACK DRAGON Ilustrasi lampion merah yang merupakan dekorasi khas Tahun Baru Imlek.
Menurut cerita legenda, banyak ciri khas Tahun Baru Imlek yang berakar pada ketakutan kuno terhadap Nian, yakni monster ganas yang akan menunggu hingga hari pertama tahun baru untuk meneror penduduk desa.

Bertindak berdasarkan nasihat orang bijak, penduduk kota menggunakan suara keras dari genderang, kembang api, dan warna merah untuk menakut-nakuti Nian. Semua hal tersebut masih menjadi bagian utama dari perayaan Imlek hingga sekarang.

Tidak ada tanggal yang ditetapkan untuk Tahun Baru Imlek

Di Amerika Serikat dan sejumlah negara lain, malam tahun baru dan hari tahun baru selalu dirayakan pada hari yang sama, yakni 31 Desember dan 1 Januari—sesuai dengan kalender Masehi.

Namun, hal ini berbeda dengan  Tahun Baru Imlek. Tanggal dimulainya perayaan berubah setiap tahun sesuai dengan kalender lunar, sistem penanggalan Tiongkok. 

Perayaan biasanya dimulai setiap kali bulan baru pertama pada tahun itu terjadi (biasanya pada akhir Januari) dan berlangsung selama 15 hari hingga bulan purnama berikutnya. 

Baca juga: 8 Tanaman Imlek yang Membawa Keberuntungan dan Kekayaan di Rumah

Beberapa keluarga menggunakan Imlek untuk membersihkan rumah 

Ilustrasi mendekorasi rumah untuk menyambut Imlek.Shutterstock/Pixel-Shot Ilustrasi mendekorasi rumah untuk menyambut Imlek.
Meski metode menghormati Tahun Baru Imlek telah bervariasi selama bertahun-tahun, fakta menarik Tahun Baru Imlek sering menjadi kesempatan bagi rumah tangga untuk membersihkan rumah dari huiqi, nafas sial atau pikiran dari tahun lalu.

Membersihkan rumah sebelum tengah malam pada Malam Tahun Baru Imlek (dalam hal ini pada Sabtu, 21 Januari 2023) dianggap membawa keberuntungan.

Pada masa lalu, keluarga bahkan terkadang melakukan ritual pembersihan yang cermat untuk menghormati dewa-dewi yang mereka yakini akan mengunjungi mereka. 

Baca juga: 7 Cara Memilih Tanaman Hias untuk Perayaan Imlek

Perayaan Imlek akan mendorong miliaran perjalanan 

Karena Tahun Baru Imlek menekankan pada ikatan keluarga, banyak orang memilih  melakukan perjalanan pulang ke rumah selama periode Imlek.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com