Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/01/2023, 18:30 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing memiliki beberapa perilaku aneh yang terkadang tidak ada penjelasan di baliknya, alah satunya, suka tidur wastafel kamar mandi. 

Rebecca Greenstein, dokter hewan di Rover.com, mengatakan ada beberapa alasan kucing suka tidur di wastafel, tetapi itu tetap menjadi misteri. 

Baca juga: Alasan Kucing Suka Menonton Televisi

Salah satunya, kucing menyukai bentuk dan kontur wastafel karena sangat cocok dengan mereka. Wastafel mirip dengan tempat tidur atau kotak tertutup yang membuat kucing merasa aman.

"Ada penelitian menunjukkan bahwa tingkat stres kucing berkurang secara signifikan saat memiliki akses ke tempat persembunyian seperti kotak, jadi wastafel mungkin memiliki daya tarik yang sama,” katanya dilansir dari Reader's Digest, Rabu (18/1/2023). 

Alasan lain kucing tidur wastafel karena tertarik pada permukaan wastafel yang dingin dan halus. Setelah berjemur di ambang jendela di bawah sinar matahari, kucing akan mendinginkan dirinya sebentar.

Selan itu, wastafel dapat memberi ketenangan pada kucing karena biasanya berada di tempat sepi sehingga kucing memiliki waktu sendiri yang damai. 

Baca juga: 5 Penyebab Kucing Rumahan Terkena Kutu dan Cara Membasminya

Ilustrasi kucing tidur di wastafel.SHUTTERSTOCK / lucioly Ilustrasi kucing tidur di wastafel.
"Wastafel yang tinggi mungkin memberi kucing titik pandang yang aman untuk mengabaikan 'wilayah' mereka," ujar Greenstein.

Untuk beberapa kucing, hal itu juga memberinya kesempatan untuk lebih dekat dengan pemiliknya dan mendapatkan perhatian. 

Jika Anda terbiasa mengelus kucing atau memberi perhatian saat duduk di wastafel, sahabat bulu akan mulai mengasosiasikan wastafel dengan pujian dari pemiliknya dan akan pergi ke wastafel untuk mendapatkan elusan tambahan.

Terakhir, alasan kucing tidur di wastafel adalah adanya keran air. Kucing lebih menyukai minum dari sumber air yang bergerak daripada mangkuk airnya.  

Baca juga: Kenali, Ini Fase Enam Minggu Pertama Kehidupan Anak Kucing 

Cara mengatasi kucing yang suka tidur di wastafel 

Hal pertama yang dapat dilakukan adalah membatasi akses kucing ke kamar mandi. Tutup pintu kamar mandi di sekitar rumah dan gunakan penguatan positif untuk mendorongnya tidur siang di tempat lain di rumah.

Anda bisa membeli tempat tidur kucing yang mirip dengan wastafel, seperti tempat tidur kucing yang ditinggikan dan meletakkannya di ruangan tenang di rumah.

Jika kucing menyukai wastafel karena air, gunakan mangkuk air yang memiliki air segar yang mengalir. Jangan lupa berkonsultasikan dengan dokter hewan untuk mendapatkan panduan tepat. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com