Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Bunga Kering Dapat Membawa Energi Negatif?

Kompas.com - 17/01/2023, 10:16 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Vastu shastra adalah praktik Veda kuno yang menyeimbangkan desain arsitektur dengan lima elemen alam, seperti tanah, air, udara, api, dan ruang untuk menciptakan aliran energi sebaik mungkin.

Dianggap sebagai ilmu Veda dan ilmu teori desain, metode penataan struktur bangunan untuk menciptakan keharmonisan di dalam rumah dan ruang kerja ini memperhitungkan detail seperti medan magnet Bumi dan proses yang digunakan selama konstruksi.

Meskipun kedengarannya mirip dengan feng shui, vastu shastra diyakini telah meletakkan dasar bagi praktik asal Tiongkok tersebut, mendahului feng shui ribuan tahun.

Baca juga: Ini Posisi Terbaik Meletakkan Peralatan Dapur Menurut Vastu Shastra

Ilustrasi bunga kering sebagai elemen dekorasi rumah. SHUTTERSTOCK/SERGEY KOLESNIKOV Ilustrasi bunga kering sebagai elemen dekorasi rumah.

Dilansir House Digest, Selasa (17/1/2023) secara umum, prinsip vastu shastra harus dikonsultasikan bahkan sebelum rumah dibangun, tetapi bukan berarti prinsip tersebut tidak dapat diterapkan dalam struktur yang ada.

Seiring dengan lima elemen alam, orientasi faktor delapan arah ke dalam persamaan, seperti halnya jenis barang dekoratif yang dibawa ke dalam ruang, salah satunya bunga kering yang dianggap membawa energi negatif.

Bunga kering di dalam rumah membawa energi negatif

Tujuan utama mengaplikasikan metode vastu shastra di rumah adalah untuk meningkatkan keseimbangan dan aliran.

Oleh karena itu, bunga yang mati atau yang sengaja dikeringkan dianggap sebagai pengganggu keharmonisan yang tidak menguntungkan.

Baca juga: Lokasi Terbaik Meletakkan Tempat Tidur Menurut Vastu Shastra

Sedangkan bunga potong segar sering diatur dan disimpan di dalam ruangan untuk meningkatkan energi positif dan suasana hati semua orang yang bertemu dengannya, saat mereka layu dan pasti mati, energi itu berubah secara dramatis.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com