Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/01/2023, 13:45 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memilih gorden kamar tidur terkadang bisa terasa sulit lantaran tersedia dalam berbagai jenis bahan, berat kain, panjang, pola, dan warna. Semua ini membutuhkan pertimbangan cermat.

Namun, sebelum terjebak dalam detail yang banyak, penting diingat bahwa peran utama tirai kamar tidur adalah menghalangi cahaya dan menjaga ruangan tetap nyaman. 

Baca juga: Mengapa Gorden Tembus Pandang Tidak Cocok untuk Kamar Tidur?

Desainer interior Yvonne Jones menyarankan memilih gorden kamar tidur sesuai dengan iklim, kebutuhan, dan estetika di dalam ruangan.

Dilansir dari Homes and Gardens, Jumat (6/1/2023), berikut beberapa pilihan gorden kamar tidur untuk membantu tidur lebih nyenyak. 

Cari kain voile untuk privasi tanpa menghalangi cahaya

Ilustrasi gorden pintu, ilustrasi kamar tidur.SHUTTERSTOCK / Dariusz Jarzabek Ilustrasi gorden pintu, ilustrasi kamar tidur.
Kamar tidur membutuhkan privasi setiap saat. Namun, jika mengingikan tirai tebal tanpa membatasi kualitas cahaya di dalam ruangan, material voiles adalah solusi sempurna.

Material ini ideal untuk kamar tidur kecil serta mengundang nuansa lapang dan terbuka. "Menggunakan tirai voile dalam kombinasi dengan roller blind hitam adalah cara efektif  mendapatkan kontrol tingkat tinggi atas pencahayaan dan tingkat privasi," saran Hannah Cooley, desainer produk untuk Hillary.

Material voile memungkinkan privasi pada malam hari dan memudahkan sinar matahari masuk pada siang hari. 

Baca juga: 5 Warna Gorden yang Harus Dihindari di Kamar Tidur

Gunakan gorden berpola 

Gorden berpola dapat menambahkan drama ke kamar tidur polos. Pola tropis atau botani selalu populer untuk dekorasi kamar tidur dan menambah sentuhan daya tarik abadi.

Saat memilih gorden bermotif warna-warni, pertahankan sisa ruangan tetap sederhana agar gorden dapat berbicara. 

Pilih pola yang sesuai dengan tampilan

Gunakan gorden dengan pola yang sama dengan ruangan untuk membuat dekorasi tetap mengalir.  

Baca juga: 4 Tips Memilih Gorden yang Tepat Menurut Feng Shui

Gantung gorden berlapis untuk mengurangi kebocoran cahaya

Ilustrasi tempat tidur, ilustrasi kamar tidur.SHUTTERSTOCK / New Africa Ilustrasi tempat tidur, ilustrasi kamar tidur.
Victoria Walker, Manajer Produk di Hillarys, menyarankan memikirkan fungsi gorden. "Voile tipis dan tembus cahaya adalah cara bagus untuk membiarkan cahaya masuk sambil tetap menawarkan privasi, tetapi tirai antitembus pandang adalah pilihan yang lebih baik untuk kamar tidur."

"Saya akan selalu melapisi gorden, kecuali bahan voile, karena lapisan membuat gorden  terlihat lebih penuh, membantu mengurangi kebocoran cahaya, dan memberikan privasi ekstra," tambahnya.  

Baca juga: Cara Memilih Gorden Kamar Tidur Menurut Para Desainer

Linen yang agak berat

Linen dengan berat sedang atau tirai campuran linen sangat cocok untuk menciptakan tampilan yang santai.

Namun, jika memilih tirai yang tipis, sebaiknya menambahkan tirai tebal untuk digantung di belakangnya guna memastikan Anda tetap mendapatkan tidur malam yang nyenyak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com