Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KAI Kucurkan Dana CSR Rp 25,5 Miliar pada 2022, Tanam Pohon hingga Bantu Korban Gempa

Kompas.com - 28/12/2022, 13:12 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah menyalurkan dana sebesar Rp 25.479.233.850 atau hampir Rp 25,5 miliar untuk program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) di tahun 2022.

Program TJSL tersebut disalurkan dalam bentuk Bina Lingkungan, Program Kemitraan, dan Community Relations. Total bantuan TJSL tahun 2022 ini meningkat 34 persen dibandingkan tahun 2021, yakni Rp 19 miliar.

KAI konsisten menyalurkan TJSL sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan yang terus melaksanakan good corporate governance. Bakti BUMN atau TJSL yang KAI salurkan tetap memperhatikan dampak positif dan keberlanjutan,” kata Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo dalam siaran pers, Rabu (28/12/2022).

Baca juga: HUT Ke-77, KAI Bagikan 170 Bibit Pohon dan Gelar Acara Bersepeda

Penanaman pohon yang dilakukan jajaran PT KAI Daop 8 di sekitaran Stasiun Indro Gresik, Kamis (31/3/2022).KOMPAS.COM/HAMZAH ARFAH Penanaman pohon yang dilakukan jajaran PT KAI Daop 8 di sekitaran Stasiun Indro Gresik, Kamis (31/3/2022).

Pada program Bina Lingkungan, selama tahun 2022, KAI telah menyalurkan dana Rp 9,6 miliar untuk 246 kegiatan yang meliputi bantuan pendidikan, bantuan pelestarian alam, bantuan sarana ibadah, bantuan pengembangan prasarana dan/atau sarana umum, bantuan sosial kemasyarakatan, serta bantuan korban bencana alam dan non alam.

Seperti pada saat terjadi gempa yang mengguncang Kabupaten Cianjur pada November 2022, KAI menerjunkan Rail Clinic dan ambulans serta relawan untuk memberikan layanan kesehatan bagi para korban gempa.

Selain itu, KAI juga memberikan bantuan berupa selimut, sembako, popok, obat-obatan, dan berbagai barang kebutuhan korban lainnya.

Saat terjadi gempa di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat pada Februari 2022, KAI memberikan bantuan senilai total Rp 100 juta. Pada tahap pertama KAI memberikan bantuan logistik berupa sembako, perlengkapan memasak, sabun mandi, dan popok.

Baca juga: Mau Kirim Barang? KAI Logistik Bakal Luncurkan Mobile App

Selain itu, KAI juga memberikan bantuan untuk korban gempa di Tapanuli Sumatera Utara, korban erupsi Gunung Semeru di Lumajang Jawa Timur, korban banjir yang terjadi di Brebes, Jawa Tengah, Garut Jawa Barat dan kebakaran di Kota Karang Teluk Betung Timur, Lampung.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com