Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cermin Menghadap Pintu, Apakah Bagus Menurut Feng Shui?

Kompas.com - 18/12/2022, 12:23 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com -  Jika Anda sedikit atau banyak mengenal feng shui, Anda mungkin cukup tahu untuk bertanya-tanya tentang cermin. Pertanyaan tentang cermin sering terjadi dan seringkali menimbulkan banyak kebingungan dalam dunia feng shui.

Ada beberapa aturan terkait cermin dalam feng shui, salah satunya yang bersinggungan dengan pintu. Mengapa demikian?

Dilansir The Spruce, Minggu (18/12/2022), salah satu hal yang kita lihat di feng shui adalah pintu. Pintu adalah cara Anda masuk dan keluar ruangan.

Baca juga: 8 Cara Membawa Energi Positif ke Dalam Rumah dengan Feng Shui

Ilustrasi cermin.SHUTTERSTOCK / Followtheflow Ilustrasi cermin.

Pintu juga merupakan sarana untuk menghubungkan ruang dan ruang saat terbuka, atau menutup saat tertutup (atau bahkan terkunci).

Oleh karena itu, dalam feng shui, pintu adalah portal yang mengontrol energi dan bagaimana energi mengalir melalui rumah Anda, dari kamar ke kamar, dan dari luar rumah ke dalam.

Di sisi lain, cermin adalah kaca dengan lapisan reflektif (seringkali metalik) di satu sisi. Elemen air disebut dengan cermin karena air yang tenang dapat memantulkan bayangan bulan secara akurat.

Ketika feng shui dikembangkan, cermin seringkali berupa potongan logam yang sangat halus. Oleh karena itu, dalam feng shui, cermin dianggap elemen air dan logam dalam sistem lima elemen.

Baca juga: Bunga-bunga Pembawa Keberuntungan dan Kebahagiaan Menurut Feng Shui

Di luar sistem lima elemen, cermin dapat diterapkan secara strategis untuk kualitas reflektifnya yang dapat mengundang, memperluas, meningkatkan, dan memperkuat atau meminimalkan qi.

Cermin dan pintu dalam feng shui

Salah satu alasan pencarian feng shui umum membingungkan dan ada informasi yang bertentangan adalah karena ada lusinan pendapat tentang feng shui.

Halaman:
Sumber The Spruce
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com