Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stop Memandikan Anjing dengan Sabun dan Sampo Manusia, Ini Bahayanya

Kompas.com - 14/12/2022, 17:22 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber akc.org

JAKARTA, KOMPAS.com - Mandi merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi anjing selain nutrisi dan pelatihan. 

Pasalnya. mandi tidak hanya membuat tubuh anjing bebas dari bau dan kotoran, tapi juga menjaga kesehatan tubuh serta kulitnya. 

Baca juga: 8 Cara Memandikan Anjing Saat Cuaca Dingin

Meski demikian, memandikan anjing tidak hanya menggunakan air saja. Anda perlu memakai produk sampo yang diformulasikan khusus untuk anjing guna membersihkan kotoran serta kutu secara efektif. 

Namun, dalam situasi tertentu, terkadang kehabisan sampo saat memandikan anjing. Walhasil, beberapa pemilik menggunakan sabun manusia untuk memandikan anjing peliharaan

Lantas, bolehkah menggunakan sabun manusia pada anjing? 

Dilansir dari AKC, Rabu (14/12/2022), sampo anjing terbuat dari formula yang diperuntukkan bagi kulit anjing. Formula ini mendukung kulit anjing tanpa membuatnya iritasi dan tidak mengganggu keseimbangan pH kulit. 

Baca juga: Bahaya Memandikan Anjing dengan Sampo Manusia

Ilustrasi anjing mandi atau memandikan anjing.Shutterstock/Roman Chazov Ilustrasi anjing mandi atau memandikan anjing.
Skala pH mengukur keasaman dan kebasaan serta pH 7,0 dianggap netral. Bergantung pada ukuran dan jenisnya, pH kulit anjing berkisar antara 5,5 hingga 7,5, sedangkan pH kulit manusia cenderung berkisar antara 4,0 hingga 6,0.

Karena sabun cenderung basa atau memiliki pH lebih tinggi, menggunakan sabun sebagai pengganti sampo untuk memandikan anjing dapat meningkatkan pH kulit anjing serta mengganggu mantel asam pelindung alami kulit anjing peliharaan.

Karena itu, saat membeli sampo anjing, periksa labelnya untuk memastikan produk tersebut memiliki pH seimbang, terutama untuk anjing.

Pelembap kulit alami, termasuk vitamin E atau lidah buaya, bisa menjadi bonus yang menenangkan bagi kulit.  

Baca juga: Jangan Asal, Ini Aturan Memandikan Anjing Peliharaan

Sebetulnya, memandikan anjing tidak membutuhkan banyak busa. Produsen merekomendasikan menggunakan sedikit sampo yang dicampur dengan air.

Siapkan campuran sampo encer segar setiap kali memandikan anjing, lalu buang sisa sampo untuk menghindari pertumbuhan bakteri.

Ada banyak jenis sampo anjing yang dijual dengan berbagai kondisi seperti hipoalergenik atau formula yang khusus dibuat untuk bulu berminyak, kering, atau panjang.

Apabila tidak yakin sampo anjing mana yang harus dibeli, mintalah rekomendasi dari dokter hewan Anda. Lantas, bisakah menggunakan shampo manusia untuk anjing? 

Baca juga: 8 Fakta Menarik Anjing Bichon Frise, Si Kecil yang Disukai Bangsawan

Ilustrasi anjing mandi atau memandikan anjing.Shutterstock/DenisZav Ilustrasi anjing mandi atau memandikan anjing.
Teri DiMarino, Presiden Asosiasi Perawatan Hewan Peliharaan Profesional California, mengatakan bisa saja menggunakan sampo manusia untuk memandikan anjing peliharaan.

Halaman:
Sumber akc.org
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com