Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/12/2022, 15:58 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk menambahkan karakter pada ruangan, warna cat bukan satu-satunya hal yang harus diperhatikan.

Hasil akhir dari cat tersebut juga harus menjadi pertimbangan. Nyatanya, warna cat yang sama bisa terlihat sangat berbeda berdasarkan hasil akhirnya, dari matte hingga glossy. 

Baca juga: Cara Membuat Ruang Kecil Terlihat Lebih Besar dengan Satu Warna Cat

Sedikit perubahan pada kemilau cat dapat membuat perbedaan besar dalam daya tahan dan cahaya.

Jessica Barr dari Behr Paints menjelaskan bahwa hasil akhir cat yang berbeda memberikan nuansa berbeda juga pada ruangan.

Dilansir dari Beautiful House, Senin (5/12/2022), berikut lima jenis hasil akhir cat yang bisa dipilih untuk ruangan.  

Hasil akhir cat matte atau datar

Ilustrasi cat dinding.Shutterstock/Sebastian Duda Ilustrasi cat dinding.
Hasil akhir cat matte dapat menutupi ketidaksempurnaan permukaan dinding seperti goresan, memiliki tampilan non-reflektif, serta menyerap cahaya. 

Namun, hasil akhir cat matte paling sulit dibersihkan, jadi jangan gunakan di area dengan lalu lintas tinggi. Cat ini baik digunakan di ruangan dengan lalu lintas rendah dengan banyak cahaya seperti ruang kerja atau ruang duduk formal. 

Baca juga: 4 Warna Cat Dinding yang Bisa Menyingkirkan Hal Negatif di Dalam rumah 

Kulit telur atau egg shell

Hasil akhir yang populer ini tidak mengkilap, tetapi tidak sepenuhnya matte dan lebih mudah dibersihkan daripada hasil akhir cat matte.

Tampilan cat ini sedikit seperti beludru saat terkena cahaya. Meski tidak sekuat semi gloss, hasil akhir cat egg shell dapat menyembunyikan ketidaksempurnaan dengan lebih baik dan mudah membersihkannya daripada lapisan datar.

Cat dengan lapisan akhir ini dapat diaplikasikan dengan baik di ruang sehari-hari seperti ruang tamu dan kamar tidur. 

Baca juga: 5 Warna Cat yang Dapat Meningkatkan Suasana Hati di Rumah

Satin

Ilustrasi mengecat dinding warna merah. SHUTTERSTOCK/FOTOKOSTIC Ilustrasi mengecat dinding warna merah.
Hasil akhir cat satin memiliki daya tahan terbaik. Tampilan hasil cat ini berada di tepat di tengah spektrum kemilau serta lebih memantulkan cahaya daripada egg shell, tapi tidak terlalu berkilau seperti semigloss.

Selain itu, tampilan cat ini dapat menyembunyikan ketidaksempurnaan dengan baik seperti dinding bergelombang dan mudah dibersihkan.

Hasil akhir cat satin paling baik diaplikasikan pada ruang lembap seperti kamar mandi atau ruangan gelap yang tidak mendapatkan banyak cahaya alami seperti ruang bawah tanah. 

Baca juga: Deretan Warna Cat yang Bisa Membuat Ruangan Terlihat Besar  

Semi-gloss

Penampilan hasil akhir cat semi gloss lebih berkilau daripada lapisan satin serta berpasangan baik dengan hasil akhir cat lainnya saat digunakan sebagai warna aksesn.

Namun, karena kemilaunya yang tinggi, Anda dapat melihat ketidaksempurnaan lebih mudah. Jenis hasil akhir cat ini cocok di area dengan kelembapan tinggi dan lalu lintas tinggi, seperti dapur dan kamar mandi, atau pada cetakan mahkota dan trim untuk membuatnya menonjol. 

Baca juga: 6 Warna Cat yang Harus Dihindari di Kamar Tidur, Apa Saja? 

High gloss

Sebagian besar desainer menganggap hasil akhir high gloss ini sebagai hasil akhir khusus karena memiliki efek seperti kaca yang glamor.

Meski dapat menunjukkan ketidaksempurnaan pada permukaan dinding, hasil akhir high gloss sangat mudah dibersihkan.

Namun, high gloss paling sulitditerapkan. Anda dapat menerapkannya pada aksen ruangan, seperti furnitur, pintu, atau lemari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com